Agoda

Saturday, February 21, 2015

Cara Mudah Membuat Stok Balado

Cara Mudah Membuat Stok Balado. Mungkin semua orang sudah punya ilmu membuat balado. Mudah kan yaaa membuatnya. Tapi, bagaimana membuat balado untuk dijadikan stok?

Balado adalah masakan favorit anak-anak dan suami. Mereka hampir tak bisa makan tanpa balado. Harus ada balado atau minimal sambal.

Menurut suami, balado saya enak dan tiada duanya...hahaha. Ini mah pinter-pinternya suami aja, biar dimasakin balado tiap hari ;). Maklum, saya paling malas bikin sambal.

Buat saya, ga penting makanan harus ada sambal atau balado..wong saya ga doyan pedas...hihihi. Tapii, anak-anak dan suami doyan bangeeettt. Gimana dooonk?

Naahh, untuk saya yang pemalas, memasak balado tiap hari itu sama dengan pemborosan waktu... hahaha.

Demi efisiensi, saya selalu membuat stok balado, agar mudah digunakan kapan saja. Tiap hari sekalipun!

Caranyaaa gimanaaa??

Yuuukkk intip cara sederhana saya ini yaaa

Balado ala Maya
By : Maya Siswadi

Bahan :
250gr cabe merah keriting (sekitar 30-40pcs)
175gr bawang merah (sekitar 20-25pcs)
75 gr bawang putih (sekitar 10-15 pcs)
250 gr tomat matang (sekitar 4-5 pcs)
1 sdt garam
1/4 sdt gula
250 ml minyak goreng

Cara :
1. Bersihkan dan potong-potong tomat segar, letakkan di dasar blender
2. Bersihkan dan potong semua bahan, masukkan dalam blender, di atas tomat
3. Blender semua bahan tanpa tambahan air. Tomat di dasar blender akan mengeluarkan cairan ketika tergerus pisau, membantu memuluskan penggilingan semua bahan
4. Panaskan minyak goreng, tumis bahan tadi hingga matang. Kira-kira 20-30 menit. Ingat, menjelang matang harus sering diaduk, agar tidak gosong
5. Setelah api dimatikan, biarkan hingga dingin, masukkan dalam wadah tertutup, simpan di kulkas atau freezer.

Balado setelah disimpan di kulkas agak beku seperti ini (dokumen pribadi)
Gampang kan yaa?

Stok Balado bisa digunakan sewaktu-waktu, atau sekaligus saat acara pesta (arisan, syukuran, ultah, dsb).

Saat diperlukan, ambil secukupnya dengan sendok bersih, panaskan sekitar 30- 50ml (3-5 sdm) minyak goreng, tumis sebentar saja untuk menghangatkan, balado siap digunakan.

Penyimpanan balado di kulkas, dapat bertahan 1 - 2 minggu, bahkan hingga 3 minggu. Jika disimpan di freezer, dapat bertahan 1-3 bulan.

Jika akan disimpan di Freezer, sebaiknya bagi dahulu ke dalam beberapa wadah kecil, misalnya ice cube bertutup atau plastik zipper kecil. Ini untuk memudahkan pada saat pencairan. Tak perlu bolak balik dikeluarkan dan dicairkan (akan mengundang pertumbuhan bakteri). Cukup 1-2 wadah saja, sesuai keperluan.

Pastikan wadah penyimpanan selalu tertutup rapat, untuk mencegah terkontaminasi oleh bau, kotoran, atau bakteri. Dengan cara ini, balado akan lebih tahan lama.

Jadi, kapanpun akan mengolah masakan berjenis balado, sudah tersedia stok utama. Tinggal atur bahan lain, kan?

Mau buat balado telor? Balado ayam? Balado ikan? Balado terong? Balado udang? Semua bisa. Tinggal digoreng saja kan telur rebus, udang, ayam, atau ikannya.

Praktis. Pluusss hemat waktu!

Selamat mencoba
Maya Siswadi

16 comments:

  1. "Buat saya ga penting makanan harus ada sambal atau balado"

    he he he
    terbalik mbak sama di rumah saya, yang apapun makanannya (plus nasinya) harus ada sambal :)

    sepertinya menarik, tapi sayangnya saya ga bisa masak...
    wong, nyalain kompor gas aja takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, di rumah juga anak2 & suami ga bisa kalau ga ada sambal/balado. Saya aja yg kurang begitu suka. Makanyà suka malas masaknya

      Delete
    2. Samaaaa, di rumah juga anak2 & suami ga bisa kalau ga ada sambal/balado. Saya aja yg kurang begitu suka. Makanyà suka malas masaknya

      Delete
  2. Wah ternyata ngebendernya gak perlu pakai air ya mak. Saya baru tau. Tfs mak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, triknya gitu mak, masukkan tomat di bagian dasar, gilingan pertama pasti menggerus tomat lebih dahulu & mengeluarkan cairan

      Delete
  3. saya pemalas bgt nih mak... makasih tipsnya ;)

    ReplyDelete
  4. jadi, selalu ada stok balado di kulkas, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap mak, kapanpun tinggal masak pelengkapnya :)

      Delete
  5. Bookmark ah! Makasih info menariknya, Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kayak Putri ah.. dibookmark dulu, nunggu punya kulkas.. :)

      Delete
  6. Biasanya kalo balado itu identik dgn rasa pedas ya mbak? saya paling gak suka dgn pedas..

    ReplyDelete
  7. Mba .. pas di masak bumbunya tambah garem sama gula ga?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa