Agoda

Wednesday, February 18, 2015

Ketan Kolak Durian

Ketan Kolak Durian? Apaaa? *drolling*
Rasanya apa-apa yang berbau durian susah ditolak yaaa

Dilematis sih menjadikan buah durian sebagai kolak. Sayang kayaknya yaa. Enaknya sih langsung dicaplok aja bulat-bulat, ga perlu lah yaaa dijadikan kolak :).

Tapiii, kalau kolak durian bisa jadi alternatif cemilan, boleh juga sih :). Atau bisa juga lhoo jadi jalan keluar ketika salah memilih durian yang bagus.

Bermaksud membeli yang ciamik, tapi malah terjebak (atau malah tertipu?) durian mentah yang tak ada rasanya? Cuma ada sedikit bau-bauan :). Sakitt kan yaaa. Udah beli mahal-mahal malah dapet yang jelek. Mau dibuang kog ya ga tega...hiks.

Naahh daripada bete dan sakit hati kepada si abang penjual, mareee manfaatkan yuukkk daging buah dan baunya untuk dijadikan kolak durian.

Sttt......kalau punya durian bagus, boleh kog dicemplungkan semua, supaya rasanya makin mantaaabbb. Plus bisa jadi tambahan penghias dan pewangi kolak.

Ah ya baiklah, kita langsung ke topik aja yaaa, sebelum ada demo-demo menentang kebijakan *ehh

Ketan Kolak Durian
by : Maya Siswadi

Bahan
1 liter ketan, rendam dalam air hangat selama 3-5 jam, beri garam secukupnya untuk rasa gurih
5-10 daging buah durian yang masih lengkap dengan biji (lebih banyak lebih enak :))
500 gr gula merah (gula aren)
2 liter air
200 ml santan kental (bisa dikurangi jika tidak suka kental)
1 sdt garam
2-4 lembar daun pandan, ikat

Cara Memasak
1. Kukus ketan yang sudah direndam sampai matang (kira-kira 15-25 menit). Sisihkan
2. Masak air hingga mendidih
3. Masukkan gula merah, daging buah Durian, daun pandan, biarkan matang sampai air mendidih lagi dan gula larut semua
4. Masukkan santan kental dan garam, aduk sesekali untuk memastikan agar tidak pecah santan
5. Setelah mendidih dan cukup kentalnya, matikan api, siap disajikan

Ketan Kolak Durian (dokumentasi pribadi)

Sssttt...pemilihan gula merah atau gula aren juga berpengaruh lhooo. Jika ingin warna kolak lebih gelap dari kolak durian saya tersebut, pilihlah gula aren yang berwarna coklat pekat (bukan hitam yaa).

Pemilihan santan juga bisa diatur. Jika suka kolak yang kental, tambahkan santan kental lebih banyak atau kurangi jumlah air. Tapi jika suka kolak yang tidak terlalu kental seperti saya, kurangi saja pemakaian santan kental.

Oh yaa, takaran di atas untuk ukuran jumbo yaaa.. hehehe, untuk 10-15 porsi.

Makluumm, anak-anak dan suami sukaa banget, jadi sekali masak langsung sekalian porsi besar. Setengah porsi langsung dimakan, sisanya masuk kulkas. Sisa porsi bisa jadi cadangan cemilan selama 3-4 hari :) *ketahuan emak pemalas*

Kalau merasa porsi ini terlalu banyak, buat setengah resep aja. Gampang kog.

Ok, selamat mencoba yaaa
Semoga sukses

Maya siswadi

Mau pakai resep atau foto untuk keperluan komersial? Boleh ijin di komen atau kirim email ke m4y4mf@yahoo.com, terima kasih 

16 comments:

  1. Dulu waktu kecil mama saya sering banget buat kolak durian ini. Saya biasanyamakan dengan cara dicocol ketannya kekuah kolaknya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh sekarang dirimu buat sendiri, gampang kaann? Ayo mak, buaattt :)

      Delete
  2. Eh, ya lagi musim durian ya. Pengin nyobain tapi biasanya durian di rumahku cepet ludes sebelum sempat diolah, qeqeqe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa maakk, kalau durian enak pasti ludeessss :).

      Delete
  3. berarti masak ketannya cuma gitu aja ya mak??gampang ya ternyata hehehe..essipp,makasih resepnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, gampang. Bahkan bisa dimasak biasa seperti masak nasi di magic com :)

      Delete
  4. Aku pencinta durian mak...apa pun mknannya kalo ada duriannya aku doyaannn :)))

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Wah.. Keren nih, jadi gk kebuang ya mbak duriannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, sayang kalau buang-buang makanan :)

      Delete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa