Agoda

Monday, February 2, 2015

[Review] Aplikasi Korean Restaurant Guide

Hayooo, siapa yang suka hal-hal berbau Korea? Suka berbagai kuliner Korea?
Sering makan di restaurant Korea?

Kabar gembira nih untuk penggemar kuliner Korea atau pemburu kuliner yang senang mencoba menu baru. Sekarang sudah tersedia aplikasi untuk pecinta kuliner ini. Aplikasi yang memudahkan, memberikan panduan lokasi restaurant Korea terdekat dan berbagai keterangan menu.

Sering kan bingung membaca menu dengan nama Korea? Sudah lah ribet lapar, tak tahu pula apa dan bagaimana menu tersebut bentuk dan isinya. Mau tanya satu-satu ke pelayan kog ya ga enak juga kalau sampai dibilang bawel. Akhirnya berakhir dengan asal pilih, ikut pilihan teman, atau malah memasrahkan pilihan pada pelayan :).

Naah saya dapat bocoran dari mb Andrie Anne, salah satu founder Indonesian Foodblogger (IDFB), bahwa Korean Culture Centre telah membuat aplikasi untuk membantu mengenalkan salah satu kebudayaan Korea dalam bidang kuliner.

Aplikasi ini dapat membantu memudahkan untuk lebih mengenal kuliner khas Korea.

Aplikasinya bisa diunduh disini
Google Play
https://play.google.com/store/apps/details?id=im.food.KoreanRestaurantGuide
                                                 
AppStore : http://itunes.apple.com/WebObjects/MZStore.woa/wa/viewSoftware?id=955302499

Setelah berhasil diunduh dan dibuka, akan muncul tampilan seperti ini

Tampilan Korean Restaurant Guide apps (dok. Pribadi)

Pilih lokasi negara, maka akan keluar tampilan seperti ini

Klik pada pojok kanan bertuliskan style (seperti tanda panah) untuk mendapatkan tampilan daftar restaurant dalam bentuk daftar seperti ini


Pada tampilan ini akan terlihat lebih spesifik kategori restaurant. Masing-masing restaurant sudah dikelompokkan, dipisah berdasarkan 4 kategori : Formal Dining, Family Style, Barbeque, dan Casual Style. Tinggal konsumen yang memutuskan, apakah mau memilih restaurant berkonsep Formal Dining untuk menjamu tamu formal, tamu manca negara, atau relasi bisnis?
Atau mau mengajak keluarga besar beserta anak cucu mantu? Mungkin bisa memilih yang berkonsep Family Style

Mau menu serba panggang atau bakar? Ada pilihan restaurant berkonsep Barbeque. Atau mungkin tidak mau pusing dengan pakem dan mau bergaya santai? Pilih lah deretan daftar restaurant bergaya Casual Style. Sesuai kebutuhan.


Begitu pilihan nama restaurant di klik, akan muncul tampilan informasi tentang restaurant, keistimewaannya, lengkap beserta alamat dan peta menuju lokasi




Keterangan lengkap ini cukup diperlukan bagi kaum muslim untuk memutuskan apakah akan datang ke restaurant tersebut atau memilih restaurant Korea lain yang lebih sesuai. Memang belum ada keterangan mana restaurant halal di aplikasi ini. Tapi jelas disebutkan beberapa menu yang mengandung bahan-bahan tak halal.

Di deretan bawah aplikasi ini, ada daftar pencarian, map (Peta), menu, dan KFF ( Korean Food Foundation). Jika ingin melihat apa saja menu-menu restaurant Korea, bisa di klik tampilan ini dan muncul tampilan


Jika tampilan menu ini diklik, akan muncul daftar menu dengan nama Korea yang disusun secara Alfabet. Keterangan lengkap tentang detail menu, jelas tertulis. Mulai dari keterangan cara memasak, bagaimana pengolahannya, hingga apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Keterangan ini sangat memudahkan untuk memutuskan dalam memilih menu. Apakah mau memilih makanan yang dimasak dengan cara direbus? Ditumis? Dikukus? Atau Dipanggang?


Keterangan menu ini sangat membantu bagi siapapun yang awam tentang makanan Korea *tunjuk diri sendiri*. Tidak perlu pusing lagi datang ke restaurant Korea dan mengerutkan dahi karena pusing disodori berbagai menu dengan nama yang sangat asing.

Tak perlu capek bertanya satu-satu pada pelayan. Tinggal buka aplikasi, semua keterangan jelas tertulis. Bahasa pengantar tinggal pilih, mau Indonesia, Malaysia, atau Korea.


Keterangan lengkap tentang kandungan bahannya juga akan memudahkan bagi vegetarian. Mana menu yang hanya mengandung sayuran, mana yang campuran.


Informasi ini juga penting bagi kaum Muslim. Penjelasan detail tentang komposisi bahan akan memudahkan kaum Muslim untuk menghindari menu yang mengandung bahan tidak halal.


Sayang tidak disebutkan lebih detail, di restaurant mana saja masing-masing menu tersebut tersedia. Keterangan tentang menu dan informasi restaurant masih belum terintegrasi.

Informasi tentang lokasi restaurant bisa didapatkan dengan melakukan klik pada deretan bawah aplikasi bertuliskan Map. Jika diklik salah satu pin berwarna merah, akan muncul tampilan seperti ini


Gambar balon-balon berwarna merah itu (pin) akan menampilkan nama restaurant beserta alamatnya. Dan jika diklik tanda panah berwarna biru di bagian kanan, akan muncul keterangan lengkap informasinya.

Nah kira-kira seperti itu aplikasi Korean Restaurant Guide ini bekerja. Membantu banget buat yang membutuhkan informasi restaurant Korea dalam waktu cepat, tanpa harus mencari lama di mbah Google. Gampang kan? 

Saya sudah nyobain nih di smartphone saya. 



Instal aplikasi ini di Gadget yuukkkkk!

Februari 2015
Maya Siswadi

20 comments:

  1. IDFB kok ndak disebut2 hahahaa thanks anyway Mba:-)

    Regards,
    Indonesian Foodblogger group
    Http://indonesianfoodblogger.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyaaa, sampai lupaaa, makasih udah diingatkan mbaaa, masih bisa diedit kan yaa? ;)

      Delete
    2. Wahahaha tadi aku juga ngga nyebut-nyebut IDFB, langsung buru-buru edit dehhh...
      Sukses yaaah challenge-nyaaa!

      Delete
    3. Kelupaan ya mb :). Makasiihh mb Sitti rasuna.

      Delete
  2. wahhhh baru ngerti ada aplikasi begituan hihi thanks for sharingnya mbak sukses buat challenge-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sekarang banyak aplikasi untuk memudahkan yaaa

      Delete
  3. nyari makanan dr negara lain ga susah ya sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setidaknya aplikasi ini memudahkan

      Delete
  4. Eh keren! Ada ya aplikasinya? Aku suka makanan korea soalnya cuma sering makannya di GI karena deket :P Makasih infonya, Mak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa putriii, sekarang kita tinggal ngintip aplikasi ini kalau bingung dg pilihan menu2 Korea :)

      Delete
  5. Keren aplikasinya...perlu dicoba nehh
    Sukses mak dan salam kenal
    Liswanti627.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Hallo mb @liswanti, salam kenal juga

    ReplyDelete
  7. wah jadi tinggal baca sudah ada keterangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, jadi ga perlu nanya2 ke pelayan, ga takut lagi datang ke resto Korea karena ga kenal menunya :)

      Delete
  8. Sukanya yang banyak kuah. Yang sausnya banyak kurang suka, rasanya seperti kebanyakan saus tomat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa