Agoda

Sunday, March 1, 2015

[Tutorial] Telor Ceplok Mini

Membuat telor ceplok bagi sebagian besar orang tentu mudah yaa. Walau bagi pemula macam Ferdi yang baru belajar, tentu lebih sulit.

"Bundaa, kog aku ga bisa sih bikin tengahnya bagus kayak buatan ayah?"

^__^

Terlepas dari mudah atau sulitnya membuat telor ceplok yang "cantiikk", saya mau berbagi sedikit tentang cara membuat telor ceplok mini, yang sekarang jadi favorit baru anak-anak.

Beberapa bulan lalu ada teman di facebook yang share foto 1 buah telor bulat iris yang menjadi telor ceplok mini. Sayangnya di foto tsb tidak dicantumkan cara membuatnya. Duuh sayangnya foto tsb entah tersimpan di mana. Maaf yaa yang penasaran.

Hasil diskusi dengan teman-teman yang penasaran, menyebutkan telor tsb dibekukan terlebih dahulu. Waahh telor beku apa bisa diiris?

Berangkat dari rasa penasaran plus rasa ingin tahu yang tinggi untuk membuktikan, saya coba bereksperimen sendiri. Kebetulan ada tetangga yang jual telor retak. Harganya lebih miring 30%. Saya biasa membelinya dan langsung disimpan ke dalam kulkas.

Soooo, eksperimen pun dilaksanakan dengan menggunakan telur retak yang sudah masuk kulkas. Ini cara saya yaaa. Baiknya teman-teman gunakan telur utuh saja :).

Truusss??

Ok, kita langsung aja ke tutorial yaaa

1. Ambil 2 butir telur dari kulkas untuk naik ke freezer. Setelah beku, langsung keluarkan. Biarkan dalam suhu ruang kira-kira 5 menit.

Telor mentah beku yang baru dikeluarkan 5 menit

2. Kupas telur secepat mungkin agar tidak sampai mencair. Jika mencair akan sulit diiris.

3. Iris telur beku tersebut dengan pisau tajam. Irislah setipis mungkin. 1 butir telur ukuran sedang dapat diiris menjadi 6-9  potong.

Faldi coba mengiris
4. Panaskan wajan datar dengan api kecil, beri minyak secukupnya. Masukkan satu per satu irisan telur dalam waktu cepat, agar tidak keburu mencair. Karena dimasukkan bersamaan, biasanya akan saling menempel satu sama lain. Biarkan dulu sampai matang.

Telor ceplok mini on process
5. Setelah bagian bawah matang, pisahkan dan balik untuk mematangkan bagian atas. Matikan api saat mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan.

Balik telur dan pisahkan

Taraaaaa...telur ceplok mini pun siap dihidangkan.



Mudah kan yaa?

Walau terlihat mudah, tapi agak tricky. Masalah utama ada di kecepatan waktu. Jika kurang cepat mengupas, telur biasanya akan mulai mencair dan lebih sulit diiris.

Semakin beku telur, semakin mudah diiris. Gunakan pisau yang sangat tajam agar tidak mengalami stuck saat pemotongan.

Demikian juga saat memasukkan ke dalam wajan, cukup menantang. Jika dimasukkan satu per satu, tingkat kematangan akan berbeda satu sama lain. Yang satu udah keburu matang atau malah gosong, yang lain belum. Yang dapat giliran belakangan juga akan cepat mencair.

Tapi jika dimasukkan secara bersamaan, masing-masing bagian akan saling menempel. Apalagi jika dimasukkan sekaligus, bisa jadi telor dadar :).  Nah lhooo, ribet juga yaa. ;).

Sooo, tampaknya perlu beberapa kali percobaan lagi untuk mendapatkan hasil yang pas.

Telur ceplok mini ini bisa disuguhkan untuk cemilan anak-anak atau untuk isian sandwich. Atau bahkan bisa jadi telor ceplok mini balado.

Selamat mencobaaa

By : Maya Siswadi

37 comments:

  1. Bukannya kalau terlurnya retak mudah terkontaminasi kotoran dan bakteri, Mak?
    Anyway, jadi pengen nyoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pastikan bagian kulit ari masih utuh, walaupun retak, kemungkinan terkontaminasi tidak terlalu besar *cmiiw.

      Delete
  2. Wah pengen nyoba nih ;d, jadi penasaran

    ReplyDelete
  3. wah,jadi penasaran hehehe..makasih tutorialnya mak
    salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaa maakk. Makasih dah mampir

      Delete
  4. dulu pernah nyelutuk "bikin telor ceplok mini pake telur puyuh dan cetakan apem pasti lucu" hahaha gegara mabok telur puyuh direbus mulu.
    oiya mbak, telur dalam keadaan beku gini ngupasnya mudah apa susah ya?

    salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngupasnya susah2 mudah mb. Susah nya karena dingiin, jadi tangan ikut kaku. Gampangn mak kalo dah biasa ;)

      Delete
  5. kalau saya setelah dikeluarkan dari freezer telurnya sy rendam dlm air sebentar, utk mempermudah mengupasnya

    ReplyDelete
  6. wah mesti nyoba.....bagus :) (Y)

    ReplyDelete
  7. aih lucu, pada imut gitu... kpn2 cobain ah :D

    ReplyDelete
  8. Wih, ribet tapi boleh dicoba, seru kayanya jadu irit dan lucu, yah Mak Maya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa lucu kecil-kecil, sekali masuk mulut. Anak2 pasti suka :)

      Delete
  9. cocok nih buat saya yang anak kos, biar irit hehheee.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok bangeettt. Anak kos kan kudu ngirit yaaaa

      Delete
  10. Replies
    1. Cobaaiinnn. Kalau berhasil, kabari yaaa ;)

      Delete
  11. wahh baru tahu telur mentah dimasukin ke freezer.. *amejing*. tapi keknya repot ah,mak. Langsung diceplokin biasa aja lah di minyak. Beres, gak pake lama *blogger-doyan-makan-gak-pake-lama* hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha, langsung ceplok aja maakk biar gampang. Bikin ginian kudu direncanaiinn. Niat emang :)

      Delete
  12. Tricky banget ya, Mak. Pingin nyoba ;) TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaappp tricky banget. Ini aja masih belum cantik banget hasil nya ;)

      Delete
  13. sudah terbayang gimana tricky nya tapi kalau hasilnya bagus pasti jadi puas ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh iyaa, kalau hasilnya bagus emang puas banget walaupun tricky

      Delete
  14. lihat foto terakhir jadi ingat jajanan di deket tk adik saya
    namanya apa gitu telor dadar/ mata sapi
    hehehehe

    pake garam + ajinom*to lagi ga mbak biar ada rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jajanan yg di sekolaah2 itu biasanya Telor dadar yg digoreng di cetakan kue cubit *cmiiw.
      Penambahan garam sesuai selera aja. Saya jarang nyeplok pakai garam, apalagi ajino**t*, ga bangeett. Telurnya aja udah enak kog ;)

      Delete
  15. kayaknya lumayan ribet ya hehe, tapi kerenlah mak sampai dipikirin caranya dan ketemu ... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis penasaraann maakk. Kog bisa dari 1 telur utuh jadi 6-9 potong telor ceplok mini. Dan ternyata setelah jadi, anak2 sukaaa banget

      Delete
  16. lucuu yah jadinya kecil2..kreatiiiff banget sih mak

    jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya winda, jadinya kecil2, bisa buat isian mini sandwich atau mini burger, asyik kan

      Delete
  17. Loh, komenku tadi mana?
    Huhuhu.

    Intinya cuma mau bilang, Mbak kok rajin bangeeeet sih! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, tadi dah komen? belum tersimpan atau lagi error kali ya?

      Delete
  18. Lutjuuukkkk....tapi kolesterol tinggiiiiii Huwaaaaaa

    ReplyDelete
  19. Wah mantap nih mbak :D apalagi bagi para penggemar telur seperti saya, wajib nyobain bikin yg ky gini :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa