Agoda

Friday, October 23, 2015

MyRice, Nasi Liwet Instan Kreasi Hipoci

MyRice, Nasi Liwet Instan Kreasi Hipoci. Hipoci? Makhluk jenis apakah itu? Hahaha.

Maaf ya teman-teman. Hipoci itu bukan sejenis makluk, binatang apalagi robot. Bukaaann!!! Tapiii singkatan dari Himpunan Petani Organik Cianjur.

Keren yaa, singkatannya jadi Hipoci. Begitu enak didengar dan sangat mudah diingat.

Entah siapa yang mengusulkan nama Hipoci ini, yang jelas orangnya pasti kreatif dan produktif. Hahaha.

Nyatanya, Hipoci memang kreatif dan produktif. Binaan PT. Tirta Investama Plant Cianjur ini, berhasil menelurkan Beras Organik sendiri dengan merk MyRice. Bisa dilihat di www.Hipoci.com.


 Tak puas hanya menghasilkan beras organik, Hipoci pun melahirkan kreasi lain, Nasi Liwet Instan!!


Keren?

Yap, keren banget!!

Saya bangga sekali saat melihat para petani yang tergabung dalam Hipoci ini berbondong-bondong menyambut kami saat kunjungan ke pabrik Aqua, di Cianjur, pada 17 Oktober 2015 lalu. Bangga dengan semangat mereka untuk maju. Bangga dengan semangat mereka untuk mandiri dan mengangkat potensi daerahnya.

Hebatnya lagi, mereka mengelola ini semua dari sampah!!

Yes, sampah!

Pernah dengar Bank Sampah yang sekarang sedang banyak digalakkan di beberapa daerah? Nah, Hipoci pun menerapkan hal serupa. Mereka menyebutnya, pengolahan sampah.

Pak Agan, salah seorang yang ditunjuk sebagai pembicara mengatakan "kami dibina oleh Aqua untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat".

Lebih lanjut pak Agan bercerita bagaimana ia, teman-teman di Hipoci dan CSR Aqua bersama-sama menggugah kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah.

Para ibu-ibu yang tergabung dalam Himpunan Wanita Tani (HWT)  diajak bergabung dalam kelompok Bina Lestari. Mereka dibimbing untuk memisahkan sampah organik, anorganik, dan sampah tak terdefinisi.

Sampah organik yang berupa sisa bahan makanan, kertas dan benda mudah terurai lain, diolah menggunakan ramuan khusus hingga menjadi pupuk cair yang dapat dimanfaatkan oleh suami-suami mereka untuk memupuk padi. Hasil panen padi inilah yang kemudian menjadi beras organik karena menggunakan pupuk cair hasil pengomposan sampah organik, bukan pupuk kimia.


Sampah anorganik mereka pisah-pisah dan kumpulkan. Beberapa sampah yang mempunyai nilai jual seperti gelas-gelas atau botol Aqua, mereka jual ke penampung. Beberapa sampah lain yang tak punya nilai jual, mereka olah menjadi kerajinan tangan.

Kreatif kan?

Masyarakat sekitar pun akhirnyaaa menjadi terbiasa melihat sampah dari sisi ekonomis. Mereka jadi bisa membeli bibit dan mendapat uang tambahan.

"Pihak Aqua tidak memberi kami uang,  menurut mereka itu kurang mendidik. Tapi mereka selalu membimbing kami. Selalu mendukung saya dan teman-teman. Pak A (saya lupa namanya) dari CSR Aqua ga pernah bosan mengingatkan dan menyemangati. Ayo pak, kalian pasti bisa!" Tambah pak Agan.

Duh, jadi terharuuuu.

Untuk penyaluran dan pemasaran hasil kreasi Hipoci pun dibantu oleh pihak Aqua. Ada yang disalurkan ke grup Pizza, ada yang melalui AHS, Aqua Home Service. Hipoci juga berusaha memasarkan sendiri dengan mengikuti pameran atau bazaar.

Sayangnya, pak Agan dan teman-teman belum menemukan cara mengolah Beras Organik agar menjadi lebih tahan lama.

"Kami tidak menggunakan pengawet. Jadi tidak bisa tahan lama, dalam waktu tertentu akan muncul kutu. Karena itu kami simpan dalam bentuk gabah agar lebih awet. Baru kami olah saat ada pesanan. Sampai saat ini kami masih mencari cara mengolah yang tepat agar lebih tahan lama tanpa menggunakan pengawet"

Mungkin ada teman-teman yang mau membantu pak Agan dan teman-teman di Hipoci?
Silahkan hubungi beliau di nomor 085861852848

Hingga saat ini, pemasaran Beras MyRice masih dilakukan dalam taraf kecil dan manual karena keterbatasan daya produksi dan distribusi.

Kalau ada yang tertarik membeli atau membantu memasarkan produk petani lokal Cianjur ini, silahkan hubungi pak Agan ya.

8 comments:

  1. Aku juga senang bisa jumpa mereka (petani Hipoci) dan belum nyobaiik nasi liwet instannya..ntar aja nunggu hari special..hehe

    ReplyDelete
  2. Kayanya oke nih, pas banget buat catering aku. aku coba hub. pak Agan-nya deh.
    makasih banyak mak sharingnya ^^

    ReplyDelete
  3. Inspiratif ya mereka. Aku belum coba bikin mba nasi liwetnya..jadi mo coba nih

    ReplyDelete
  4. Semangat para petani Indonesia. Semoga semakin maju dan sejahtera

    ReplyDelete
  5. aku baru beli nih paket beras hipoci.. mau nyoba besok in sya Allah

    ReplyDelete
  6. Kayanya wangi ni berasnya, duhh pengen cobain

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa