Agoda

Friday, August 19, 2016

Memulai Bisnis Kuliner dengan Moko 700CC?

Memulai Bisnis Kuliner dengan MoKo 700CC? Sekarang ini bisnis kuliner sudah menjamur banget. Saking menjamurnya, hampir tiap hari deh para food blogger menerima undangan resto review, food review, new menu launch, new food product launch, dsb.

Bisnis kafe dan kedai kopi bermunculan di mana-mana. Membuat semakin banyak orang yang senang menghabiskan waktu dengan kongkow-kongkow bareng teman, janji bertemu rekan bisnis, meeting, engerjakan tugas, atau bahkan kerja kelompok! Pergeseran gaya hidup ini pun membuat bisnis kuliner semakin banyak bermunculan. Ini jadi semacam lingkaran yang saling tarik menarik.

Bisnis kuliner selalu menarik untuk ditekuni. Apalagi para pemula yang mau mencoba-coba berbisnis. Hampir bisa dikatakan keuntungan yang didapat sangat lumayan. Ada yang menyebutkan tingkat keuntungannya bisa mencapai 50-100%. Asal dikelola dan direncanakan dengan baik, bisnis kuliner bisa mengembalikan modal dengan cepat *cmiiw.



Salah satu sarana berbisnis kuliner yang bisa jadi alternatif adalah mobil toko atau biasa dikenal dengan istilah Moko. Moko adalah toko di dalam mobil yang bisa berpindah-pindah lokasi. Kelebihan moko ini adalah bisa parkir di mana saja. Dengan adanya mobil toko, bisa menjangkau lokasi-lokasi strategis yang mungkin jauh dari keramaian. Praktisnya, dengan moko, pengusaha kuliner ga perlu repot-repot menyewa ruko. Kebayang donk ya, berapa harga sewa ruko dalam setahun?

Saya sempat mau membangun bisnis kafe bersama suami. Tapi, saat hunting ruko-rukonya aja dah bikin kami mengkeret dan langsung mengurungkan niat. Bayangkan, sewa ruko di pinggiran kota saja sudah hampir 100jt/tahun! Kebayang ya kalau ingin menjangkau daerah-daerah elit. Lakunya belum jelas, tapi mulesnya udah duluan. Hahahaha.

Nah, ceritanya, pada 18 Agustus 2016 lalu saya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara bincang-bincang bersama Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD. Dari berbagai kendaraan yang dipajang, perhatian saya langsung tertuju pada sebuah mobil yang telah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi mobil toko alias moko.

Moko hasil modifikasi Tata Ace EX2
Moko hasil modifikasi Tata Ace EX2

Saya lebih kaget lagi ketika mendengar penjelasan pak Wildan, Marketing Manager TMDI
"Kami bahkan punya pick up yang hanya berkapasitas 700cc dan berbahan bakar diesel! Terbayang kan iritnya. Mobil Toko itu contohnya"

Wuidiiihh. Setahu saya, kendaraan 1000cc saja sudah irit. Apalagi yang 700cc? Ckckck. Diesel pula bahan bakarnya. Dobel irit judulnya. Cocok banget buat saya yang selalu mikirin irit. Hahahah.

Menurut Pak Wildan, Pick up Tata Ace EX2 ini memang cocok ditujukan bagi pengusaha yang ingin merambah bisnis kuliner dan menjalankan usaha dengan menggunakan mobil toko. Soal desain moko sih mungkin disesuaikan selera konsumen ya. Produk yang dipajang ini hanya contoh saja. Mungkin kalau ga mau repot, bisa juga pesan khusus atau modifikasi sendiri.

Penasaran dengan harganya, saya sempat intip di web Tata Motor, harga OTR produk ini sekitar 80an juta. Hwaaa, murah kan ya? Eh tapi itu harga kendaraan standar ya, bukan yang sudah dimodif *cmiiw. Andai biaya modifnya lebih mahal pun, rasanya masih worthed lah ya. Kalau di pikir-pikir, harga sewa ruko saja sudah berapa kan? Kalau pakai mobil toko macam ini kan ga perlu sewa ruko, bisa pindah ke mana aja. Bisa ikut bazar di mana-mana kalau ini sih :).

Kurang cocok dengan mobil toko? Mungkin bisa mencoba bisnis Food Truck yang juga sedang trend. Tata Motor baru meluncurkan Light Truck, Tata Ultra 1012, yang juga bisa digunakan untuk bisnis kuliner.

Tata Ultra 1012
Tata Ultra 1012
Walau ringan, truk yang satu ini mampu mengangkut beban hingga 10 ton. So, ga cuma buat keperluan food truck aja sih, buat angkut-angkut barang, oke juga kog. Malah kalau lihat modifikasinya, bisa juga digunakan untuk kendaraan live show?

Dengan lebar bak 2,2 meter dan panjang hingga 4-6 meter, barang yang dapat diisikan tentu lebih banya. Dilengkapi seat adjuster, steering adjuster, dan weight control seat akan membuat nyaman para pengemudi. Truk ini pun sudah dilengkapi full air brake alias rem angin dan ban tubeless. Info lebih lanjut bisa mampir ke www.tatamotors.com ya.

Gak salah sih tema acara hari itu adalah "Memajukan Usaha Bersama Tata Motors". Produk-produk unggulan Tata Motors memang umumnya ditujukan untuk kepentingan bisnis. Tata motor fokus pada pengembangan kendaraan-kendaraan komersial macam truk, pick up, maupun mobil 4 tak.

Bincang bersama pak Wildan, Marketing Manager TMDI
Bincang bersama pak Wildan, Marketing Manager TMDI

Mobil 4 tak? Yak, Tata Xenon XT D-Cab 4x4. Kebutuhan mobil bergardan ganda di Indonesia masih cukup tinggi mengingat kondisi geografis Indonesia yang lumayan menantang. Mulai daerah pertambangan maupun perkebunan. Daerah pedalaman Indonesia yang medannya terjal, licin, atau berbatu-batu menjadi tantangan tersendiri. Hal ini menjadi alasan Tata Motor menghadirkan kendaraan yang satu ini.

Menarik kan?

So, ada yang mau mencoba-coba berbisnis kuliner dengan menggunakan sarana moko? Hyuukk, jangan ragu-ragu. Bisnis itu kadang ga bisa cuma diangankan *sotoy.

Oh ya, kalau mau bertanya lebih lanjut tentang moko, boleh loh tanya-tanya via twitternya +TatamotorsID

Foto bersama Tata Motors dan para blogger
Foto bersama Tata Motors dan para blogger

26 comments:

  1. Wah, kalo ditempat saya istilahnya masih 'wlijo', yakni menjual sayuran dengan menggunakan pickup. Hahahaha.

    ReplyDelete
  2. Baru tau istilah Mobil Toko ato Moko ini mbak. PAsalnya belum pernah nemuin di sekitaran rumah. Etapi kalo di kota banyak keknya.. hhee

    Idem kek mas julian di atas, klo di desa, istilahnya "Mlijo"

    ReplyDelete
  3. Saya suka Xenon Double Cabinnya, mbak..

    ReplyDelete
  4. Hemat banget MoKo ini ya mba, sampe sempet amaze pas baru tau cc nya cuma 700 cc

    ReplyDelete
  5. saya mau ini, pengen usaha keliling juga pakai mobil tersebut.... keren,,,

    ReplyDelete
  6. seruu seruu, kalo ada bisnis kuliner pake truck gini, diluar udah mulai berkembang sih ya bisnis truck ini

    ReplyDelete
  7. Wah pokoknya cocok banget kalau mau mulai berwirausaha dengan Mokko 700CC. Tapi blm kepikiran mau usaha apa nih hehe

    ReplyDelete
  8. Wah, harus nabung nih untuk beli moko...thanks sharingnya mba...

    ReplyDelete
  9. Wah, harus nabung nih untuk beli moko...thanks sharingnya mba...

    ReplyDelete
  10. Begitu melihat penampilan Moko, yang terpikir oleh saya juga langsung bisnis cafe atau kuliner. Tak perlu mencari tempat permanen dan lokasinya bisa berpindah-pindah mengikuti bazar atau event. Praktis lah pokoknya :)

    ReplyDelete
  11. Kalau di LN wes akrab sama food truck/ car ini ya mbak, kalau di Indonesia kyknya baru tau ada satu di Jkt tempat mangkalnya.
    Moga makin banyak pengusaha makanan sukses dengan adanya mobil2 kyk gini :D

    ReplyDelete
  12. Keren ya sekarang mobil box dan sejenisnya punya desain menarik juga fitur oke seperti di Tata Motors ini :)

    ReplyDelete
  13. Saya naksir berat sm si Moko 700cc itu, kebayangnya untuk usaha kuliner keliling :)

    ReplyDelete
  14. mobil pikup solar, 700 cc bisa bawa 1 ton, bisa dimodif jadi foodtruck light juga.. murmer.. mantab nih yang ace

    ReplyDelete
  15. Moko-nya emang simpel ya, kecil tapi pas, nggak akan ngabisin banyak tempat, praktis

    ReplyDelete
  16. Di kampungku ada yg jual sayur, sama perkakas gitu. Yg lain paling pake motor

    ReplyDelete
  17. Aku suka Xenon XT mba, tapi juga mupeng sama Si Moko, gimana dooong :D

    ReplyDelete
  18. nah iya tuh pengen bisnis kuliner kayak model food truck dengan tata ace EX2 mokko

    ReplyDelete
  19. Moko dengan only 700 cc
    dijamin hemat bahan bakar
    dan praktis juga pastinya

    ReplyDelete
  20. Wah murah ya, andai apotek bisa pakai moko=D

    ReplyDelete
  21. naksir banget sama kendaraan tata motor ini, kebayang pengen bikin foodtrucks!

    ReplyDelete
  22. Sering lihat food truck dan selalu kagum dengan fasilitas di dallamnya. Asyik ya kalau punya food truck buat mobile jualannya mba Maya ;)

    ReplyDelete
  23. Mobil MOKOnya ada warna apa aja mba?

    ReplyDelete
  24. Moko itu irit banget ya mba...jafi mupeng

    ReplyDelete
  25. saya pengen banget malah Tata Nano

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa