Agoda

Tuesday, January 24, 2017

Jakarta Aquarium, Sarana Edukasi Biota Laut

Jakarta Aquarium, Sarana Edukasi Biota Laut. Hari gini, semua hal bisa diwujudkan, mulai dari atraksi barongsai di mall, hingga aquarium raksasa di pusat perbelanjaan.

Wisata edutainment semakin menjamur. Pengelola wisata tampaknya sadar. Membuat wisata hiburan saja tanpa muatan edukasi, rasanya kurang bermakna. Sebaliknya, membuat sarana edukasi tapi tidak disampaikan dengan cara yang menyenangkan pun akan menyebabkan kejenuhan dan materinya menjadi lebih sulit diterima. Belajar dengan cara yang asyik dan menyenangkan akan lebih mudah diterima.
Jakarta Aquarium yang sedang tahap penyelesaian dan akan segera diresmikan
Jakarta Aquarium yang sedang tahap penyelesaian dan akan segera diresmikan (foto by Febriyanti Rachma)

Hal ini lah yang mendorong Jakarta Aquarium didukung Taman Safari Indonesia (TSI) akan membuat Aquarium raksasa di dalam mall.  Jakarta Aquarium. Mall yang dipilih untuk wisata ini adalah Neo SOHO yang ada di kawasan Grogol, di samping mall Central Park.

Saat ini proses pengerjaan sarana wisata ini sedang dalam tahap penyelesaian. Terlihat dari wallpaper besar memanjang yang terpampang di lantai dasar mall Neo SOHO. Entahlah, berapa harga wallpaper sebesar itu, hahaha. Lokasinya persis bersebelahan dengan Pingoo resto.

Pingoo Resto?

Wah, itu resto yang akhir-akhir ini sempat jadi sorotan karena menghadirkan Pinguin di dalam ruang kaca khusus yang ada di dalam resto.

Ada beberapa kelompok masyarakat yang menganggap Pinguin tersebut dieksploitasi dengan menempatkan mereka di luar habitat aslinya, kutub.

Padahal, Pinguin yang ada di Pingoo resto ini bukan lah Pinguin Kutub. Mereka adalah jenis Humbold, pinguin subtropis yang biasa ditemukan di Chile dan Peru. Pinguin-pinguin ini juga bisa ditemukan di Taman Safari Indonesia, salah satu lembaga konservasi yang berhasil menangkarkannya.

Para Pinguin berenang dengan riang gembira
Para Pinguin berenang dengan riang gembira


Rombongan Pinguin Humbold asal TSI ini merupakan generasi ketiga yang berhasil ditangkarkan. Mereka diboyong oleh Jakarta Aquarium secara bersama-sama, karena mereka adalah makhluk koloni. Biasa berkumpul.

Suhu yang biasa diterima Pinguin ini pun suhu normal saja, 18-24 derajat celsius. Setara dengan suhu ruangan berAC kan?

Saat saya dan beberapa teman blogger ke Pingoo resto ini, kami diberikan kesempatan untuk memberikan makan Pinguin-pinguin Humbold tersebut.

Menurut pak Dave, communication Executive Jakarta Aquarium, Pinguin ini boleh diberikan makanan oleh orang luar dengan batasan khusus. Makanan dibatasi, perlakuan untuk masuk pun harus steril. Harus cuci tangan dengan sabun dan alas kaki harus dicelupkan ke dalam cairan steril.


Para Pinguin heboh antri makanan
Para Pinguin heboh antri makanan
Saat saya dan mba Hermini mendapat kesempata untuk masuk dan memberi makan, rombongan Pinguin ini langsung bergerombol dan menyerbu kami. Saya sempat agak deg-degan dan khawatir membuat mereka stress. Tapi justru Pinguin-pingun ini yang bersemangat mendekati kami da memita jatah makanannya. Kami berdua diberikan sekotak ikan teri basah yang sudah ditakar, kalau tak salah sekitar 6-8pcs ikan.

Menurut salah satu petugas TSI yang berpengalaman mengurus pinguin-pinguin ini, keberanian para pinguin mendekati dan merubung kami merupakan pertanda bahwa mereka tidak stres dan tidak takut terhadap orang asing. Kondisi di dalam aquarium sudah disesuaikan dengan semirip mungkin dengan habitat aslinya.

Oh ya, Pingoo Resto merupakan salah satu bagian dari Jakarta Aquarium. Sementara Jakarta Aquarium masih dalam tahap penyelesaian, Pingoo Resto ini yang lebih dulu dibuka dan diresmikan. Bagi masyarakat yang ingin mengamati dan belajar tentang Pinguin sambil beristirahat dan bersantap, sarana ini sudah bisa dinikmati. Sebagai sarana konservasi, Jakarta Aquarium memang diwajibkan untuk menyediakan sarana istirahat dan bersantap.

Semua petugas yang mengurus pinguin-pinguin lucu ini berasal dari TSI. Mulai dari yang memberi makan, membersihkan kandang, dsb, diboyong dari TSI. TSI memang memberikan dukungan penuh agar Jakarta Aquarium mampu membuat dan menyediakan sarana edukasi biota laut yang lebih dekat dan lebih mudah dijangkau, di Jakarta khususnya, dan Indonesia umumnya.

Ssstt, tak lama lagi Jakarta Aquarium akan hadir dan siapapun bisa datang ke sana. Memang sih ada biaya yang harus dikeluarkan. Tapi sebandinglah dengan biaya perawatan mereka kan?

Foto bersama teman-teman BloggerCrony di depan Jakarta Aquarium yang sedang tahap penyelesaian
Foto bersama teman-teman BloggerCrony di depan Jakarta Aquarium yang sedang tahap penyelesaian

20 comments:

  1. wah, jadi ga sabar pingin tahu jadinya. moga masih berkesempatan untuk menikmati :)

    ReplyDelete
  2. Ohh ternyata penguin yang heboh kemarin itu termasuk penguin subtropis ya. Saya penasaran sih sama konsep Jakarta Aquarium ini. Pengen tau gimana nanti jadinya. Kaya Mall di bawah laut gitu kali yaa sensasinya

    ReplyDelete
  3. waw,, selain indah dan keren, aquarium ini sangat recommended untuk anak2 anda... cocok banget... wahh saya juga mau kesini ah.. terima kasih kak infonya.. membatu sekali

    ReplyDelete
  4. Asyiknya disini bawa anak-anak apalagi sebagai sarana edukasi... mungkin bisa bawa murid2 sd ya..

    ReplyDelete
  5. Wah kalau sudah siap dikunjungi bisa bawa anak nih. Di central park rute dari ciawi cukup mudah naik aptb :)

    ReplyDelete
  6. Gak sabar nunggu tempat ini buka
    .seru kayaknya

    ReplyDelete
  7. Salam kenal...tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/01/teman-terbaik-membidani-ekspresi-diri.html

    ReplyDelete
  8. Kayaknya nanti bisa jadi tempat wisata yang ramai dikunjungi ya...betul juga, sekarang yang banyak dicari tempat wisata yang ada muatan edukasinya. Jadi pengunjung bisa belajar sambil berwisata ya...

    ReplyDelete
  9. Aduh cantik sekali tempatnya mbak, ini kalau si kecil diajakin ke sana pasti senang banget. Eh tapi kami baru sekali sih ke Jakarta :D

    ReplyDelete
  10. Anak-anak biasanya bakal senang kalau diajak makan di tempat seperti ini. Karena melihat penguin pastinya jadi hiburan buat anak-anak

    ReplyDelete
  11. Wah senengnya ya bisa istirahat sambil liat penguin. Anak-anak pasti seneng kalo nanti diajak ke sini.

    ReplyDelete
  12. Wah moga2 lekas diresmikan dan dibuka pengen ajak anak2 ke sana
    Btw penasaran pinguinnya tahan udara di sini ya mbk?TFS

    ReplyDelete
  13. wah luar biasa, seneng bgt bisa liat pinguin langsung ya mbak

    ReplyDelete
  14. pinguinnya lucuuuu, belom pernah liat pinguin secara langsung sih :3

    ReplyDelete
  15. Kyaaaa...lucuuuu pinguinnya. Mauuu. Makanan yang dijual di resto tapi bukan makanan pinguin kan? Hehe

    ReplyDelete
  16. Aaakkk. Minta satu pinguinnyaaaa. Dia bisa terima suhu AC ya ternyata.

    ReplyDelete
  17. Kita bisa ya nanti d sana kasih makan pingun, kira" betapa ya harga yang harus di bayar mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa