Agoda

Thursday, January 19, 2017

Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp

Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp. Pernah mencicipi salah satu varian makanan bernama Mie Kangkung? Belum? Mungkin varian mie yang satu ini memang tak terlalu familiar dan tidak selalu mudah didapati di daerah lain.

Saya mengenal Mie Kangkung saat arisan keluarga. Tiap kali datang ke arisan keluarga mama yang ada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kami selalu disuguhi menu Mie Kangkung. Sebuah sajian mie yang menjadikan Kangkung sebagai sayur pengganti Sawi.




Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp
Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp


Pada beberapa sumber yang saya baca (salah satunya Sajian Sedap dan Bango), Mie Kangkung disebut-sebut berasal dari Betawi dan banyak dijajakan di daerah Kota Tua. Saya justru belum pernah menemukan jajanan ini di tempat umum. Entah saya yang mainnya kurang jauh, atau memang keberadaannya yang mulai langka? Entahlah.

Ciri khas Mie Kangkung ada pada topping pelengkapnya. Ada telor puyuh rebus, tumisan daging ayam, tumisan jamur, dan rebusan kangkung. Ada beberapa yang menambahkan bakso dan tauge panjang. Kuahnya pun agak beda, lebih kental dan berwarna kecoklatan.

Sayangnya, Mie Kangkung tak lagi mudah ditemukan di kaki lima kecuali di daerah tertentu. Paling banter bisa ditemukan di resto-resto Bakmi atau resto-resto kelas mall yang harganya kece badai *ehh.



Sudah lama saya tak mencicipi Mie Kangkung. Terakhir waktu lebaran tahun lalu, hahaha, lama yaa. Mendadak saya jadi ingin membuatnya. Hasrat itu bertambah besar ketika mendapat tantangan membuat kreasi Bakmi Mewah dari Kumpulan Emak Blogger, KEB. Hmmm, seru juga kalau dibuat jadi Mie Kangkung.

Bakmi Mewah itu kan praktis, udah ada mie yang tipis, kenyal, lembut, tapi ga mudah putus. Isinya pun cukup banyak, 110gr. Papa saya jarang menghabiskan 1 porsi dalam sekali makan, biasanya bersambung.

Kalau bicara rasa, gurihnya sudah pas. Saya dan keluarga tak terlalu suka mie yang banyak menggunakan bumbu penyedap apalagi yang terlalu gurih sehingga bikin tenggorokan ga nyaman dan haus terus. Enaknya, rasa gurihnya berasal dari tumisan ayam, kecap asin, dan minyak wijen. Jadi pas.

Jika saya membuat Mie Kangkung menggunakan Bakmi Mewah, bahan pelengkapnya sudah ada. Ga perlu lagi menumis ayam dan jamur. *Dasar emak-emak ga mau repot*, hahaha. Tumisan ayam dan jamurnya sudah ada dalam box Bakmi Mewah, tinggal tuang. Minyak wijen, kecap asin, daun bawang pun sudah ada di dalam kemasan. Semua bahan pelengkap tersebut merupakan bahan yang ada dalam Mie Kangkung.


Bahan pelengkap yang ada dalam kotak Bakmi Mewah
Bahan pelengkap yang ada dalam kotak Bakmi Mewah

So, ga ribet kan? Saya tinggal menambahkan rebusan Kangkung, Telur Puyuh rebus dan kuah kentalnya. Praktis kan? Proses membuat Mie Kangkung dengan menggunakan Bakmi Mewah menjadi lebih singkat. Prosesnya jadi lebih cepat.

Oh ya, supaya lebih maknyus, saya menggunakan Udang sebagai pelengkap sekaligus tambahan kaldu untuk kuah. Berdasarkan beberapa resep yang saya baca, selain Kangkung, ada juga Tauge panjang dan besar sebagai pelengkap sayur. Sayangnya, saya tidak menemukannya di beberapa tukang sayur langganan. Kata tukang sayur, nama Tauge ini adalah Toge Dele, maksudnya Tauge Kedelai kali ya. Ya udah lah, saya pakai bahan yang ada aja.

Udah mulai penasaran?

Yuukk coba kita buat yaaa

Berikut Resep  

Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp 

by: Advencious

Bahan


4-5 batang kangkung
3-4 pcs telur puyuh rebus
4 pcs udang
250 ml air
1siung bawang putih ukuran sedang, geprek
1sdm kecap manis
1/2 sdt maizena/tepung sagu, encerkan
1/2 sdt garam
1 box Bakmi Mewah
Bawang goreng secukupnya


Cara

1. Rebus 1 bungkus Bakmi Mewah
2. Saat mie 1/2 matang, masukkan kangkung
3. Setelah matangnya cukup (maksimal 2 menit), tiriskan mie dan kangkung, sisihkan
4. Rebus 250ml air, masukkan bawang putih dan udang yang sudah dicuci bersih


Proses Pembuatan Kuah
Proses Pembuatan Kuah


5. Masukkan maizena yang sudah diencerkan, kecap manis, garam, biarkan mendidih dan mengental


Penataan


1. Tata mie di dasar mangkuk, buka kemasan minyak wijen dan kecap, tuang, aduk rata
2. Susun Kangkung, Udang, dan Telur Puyuh rebus di atas mie
3. Buka kemasan tumis ayam jamur yang ada di dalam box Bakmi Mewah, tata
4. Tuang kuah yang sudah dimasak, atau siapkan di mangkuk terpisah
5. Taburi daun bawang dan bawang goreng, bisa tambahkan irisan jeruk jika suka


Taraaaa, Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp siap disajikan


Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp
Mie Kangkung Bakmi Mewah With Shrimp


Note : Bahan di atas untuk 1 porsi

Mudah dan praktis


Dengan adanya Bakmi Mewah, menyajikan berbagai ragam Bakmi yang disukai menjadi lebih mudah dan praktis. Mulai jajanan kaki lima hingga jajanan kelas resto pun bisa disajikan di rumah. Tinggal menambahkan varian atau topping yang disukai.




Ayooo, ada yang mau coba? Share yuukk

Saat mencoba membuat kreasi ini, saya sudah membuat rekaman. Mau dijadikan video tutorial. Tapi cahayanya kurang oke, ga punya lighting yang mumpuni pula, jadi ya udah lah, kapan-kapan saya akan buat terpisah dan post di youtube channel.

Oke, selamat mencoba dan berkreasi dengan Bakmi Mewah.


16 comments:

  1. Komplit dan sehat ini Mbak. Jadi pengen nyoba bikin

    ReplyDelete
  2. Yummy mba terlihatnya, terutama udangnya menggoda 😃

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyobain mie kangkung :(. Lihat postingannya Mba Maya jadi pengen bikin juga, mumpung dirumah masih ada stok bakmi mewah :)

    ReplyDelete
  4. Udangnya gede banget mbaa. Lihatnya lezat :)

    ReplyDelete
  5. manatap min , layak dicoba dirumah nih kayanya :3

    ReplyDelete
  6. Udang nya menggodanya, pasti Bakmi nya makin enak

    ReplyDelete
  7. Saya juga sering bikin mie pake kangkung, Mbak. Simply because kangkungnya mudah tumbuh di pekarangan pengen mie-nya keliatan ada ijo-ijonya :D

    ReplyDelete
  8. wahh aku suka banget mie kangkung. pertama nyobain pas kondangan. enakk... apalagi pakai bakmi mewah yaa

    ReplyDelete
  9. wuaahh udangnya jumbooo enak banget nih kliatannya mba...yummyy

    ReplyDelete
  10. Ya ampuun tambah udang gini makan bakmi jadi lebih semangat.

    ReplyDelete
  11. Wiih keren, mb lengkap tulisannya.saya ini penggemar kangkung dan udang, mau coba resepnya aaah..tengkyu

    ReplyDelete
  12. Wow, bisa dicoaba nih, mba. Prajtis dan syedaaaap!

    ReplyDelete
  13. Porsi kenyang banget nih. Ada telur puyuh dan udang juga.

    ReplyDelete
  14. Kemasannya go internasional ya
    Saya sudah beberapa kali membeli bakmi ini tapi belum pernah menikmati karena diserbu cucu.
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  15. AKu baru tau kalau mie ternyata cocok dengan kangskung jg mbak, kirain selama ini hny cocok sama sawi, brokoli, or kol gtu TFS :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa