Agoda

Sunday, April 23, 2017

Bakso Beranak ala Bakso BOM Mas Erwin Ciputat

Siapa yang suka baksooo? Hayooo, ngakuuu. Makanan khas Indonesia ini memang bisa dibilang jajanan khas sejuta umat. Di mana pun, hampir selalu ada dan dengan mudah ditemukan.  Mau tua, muda, anak-anak, orang tua, semua suka.

Salah satu brand bakso yang sudah eksis dan hit dalam 20 tahun ini adalah Bakso Mas Erwin.

Bakso BOM Mas Erwin Cabang Ciputat
Bakso BOM Mas Erwin Cabang Ciputat

Menurut penuturan mas Yoyo, penanggung jawab cabang Ciputat, Bakso Mas Erwin ini sudah eksis sejak 20 tahun lalu di Wonogiri. Terkenal enak dan banyak disukai, bakso ini pun diboyong ke Ibukota dan beken di seputar Bekasi.

Bermula dari gerobak, warung kecil, kini Bakso Mas Erwin telah dipoles menjadi outlet yang lebih modern dan kekinian. Adalah Pak Anke Dwi Saputro yang berjasa mengangkat Bakso Mas Erwin ini ke ranah Franchise. Memolesnya hingga menjadi layak untuk diwaralabakan.

Berkat tangan dingin dan kejelian Pak Anke dalam mengelola franchise, kini sudah hadir 13 cabang waralaba Bakso BOM Mas Erwin di berbagai lokasi. Mulai Bekasi, Blok M, sampai Ciputat. Menyusul daerah lainnya. Pak Anke dan tim sendiri yang menentukan apakah sebuah lokasi yang dipilih oleh calon franchisor, cocok atau tidak.

Ruangan di lantai 2, nuansa merah putih
Ruangan di lantai 2, nuansa merah putih

Kenapa ada nama BOM diselipkan di brand Bakso Mas Erwin? Menurut mas Yoyo, hal ini dilakukan semata-mata agar lebih mudah dibedakan dari berbagai brand yang juga menggunakan nama Mas Erwin. Sematan kata BOM ini ikut didaftarkan ke HAKI.

Kata BOM juga identik dengan bakso pedas yang menjadi salah satu menu andalan. Bakso pedas yang berisi cincangan cabai rawit ini bagaikan BOM ketika memakannya. *Urrrgggghhhhh vedaaasss.

Promo gratis buat ibu hamil
Promo gratis buat ibu hamil

Sssst, promo sepanjang masa di sini adalah, bakso gratis buat ibu hamil. Duuhh, asyik banget yaaa. Kenapa waktu saya hamil belum ada si Bakso Bom Mas Erwin iniiiii? Masa' saya musti hamil lagi? *Ehgimana *dikeplak.

Ruang bawah plus area pemesanan
Ruang bawah plus area pemesanan

Ciri khas interior dan warna dominan di gerai bakso ini adalah merah dan putih. Saya lupa menanyakan kenapa dua warna ini mendominasi interiornya, termasuk ruangan di lantai 2.

Menu

Apa saja yang dihadirkan di Bakso BOM mas Erwin?  Ada macam-macam varian, mulai bakso urat, bakso isi keju, bakso pedas sampai yang paling hits akhir-akhir ini adalah Bakso Beranak!

Bakso Beranak?


Penasaran Isinya apa ya?

Waktu pertama mendengar kata Bakso beranak, saya sempet khawatir. Apalagi ada temen yang bilang "duh, aku ga sanggup makan bakso beranak". Saya pikir bakso ini akan sebesar bakso bola tenis atau bakso raksasa lain. Tapi setelah lihat langsung, "ahhh, ini mah pasti abis"

Inilah isi Bakso Beranak
Inilah isi Bakso Beranak

Ternyata bakso beranak ala Bakso BOM Mas Erwin ini ga semenakutkan yang saya pikirkan. Begitu melihat langsung baksonya, saya yakin akan mampu menghabiskannya sendiri, tanpa bantuan *sombong. Hahaha.

Bakso beranak berisi 5 bakso kecil dan cacahan urat
Bakso beranak berisi 5 bakso kecil dan cacahan urat

Yap, Bakso beranak ini adalah bakso yang mengandung bakso lagi di dalamnya. Ada bakso di dalam bakso!

Mulai dari potongan pertama, saya langsung bergumam "hmm, lembut". Baksonya tak terlalu kenyal maupun alot. Justru lembut dan mudah dipotong. Warna daging baksonya coklat kemerahan, tanda daging sapinya lebih banyak *cmiiw. Kuahnya bening dengan kaldu yang alami. Bumbu bawang, lada, maupun garam, terasa pas, tak berlebihan. 

Ahhh, paduan lembut, gurih, dan legit. Nikmaat!

Mas Yoyo menyarankan saya dan Mia, teman saya yang memilih bakso keju, untuk menambahkan sambal ke kuah bakso. Awalnya saya takut bakal terlalu pedas. Tapi setelah mencoba memasukkan setengah sendok, rasanya memang beda. Ada sensasi pedas yang membuat rasa bakso jadi lebih "menggigit".

So, apa yang istimewa dari Bakso BOM Mas Erwin sehingga layak diwaralabakan?

1. Komposisi daging lebih banyak

Kalau baca klaim di dinding dapur terbuka yang ada di lantai satu, ada tulisan "tepung hanya 1 kg dari 10 kg daging". Ahayy, daging semua dunk yaa. 10 : 1 boo. Hampir ga kerasa tepung kalau begini.

2. Kuahnya terbuat dari kaldu daging asli

Ketika saya mencicipi kuahnya, beneran ga mau berhenti, kaldu dagingnya terasa sekali. Terasa kalau itu dihasilkan dari rebusan daging maupun tulang-tulangan

3. Tanpa Pengawet

Bakso dibuat fresh dan tanpa pengawet. Ini melegakan, bakso benar-benar dibuat dari bahan yang fresh dan tanpa pengawet, apalagi boraks.

4. Tanpa MSG

Ini ada hubungannya dengan kuah kaldu. Gurihnya kuah yang dihasilkan dari rebusan daging maupun tulang-tulangan akan menghasilkan gurih alami. Dengan teknik perebusan yang tepat, tak perlu penyedap rasa, hanya bumbu yang pas sudah cukup membuat gurih bakso maupun kaldunya. Rasa gurihnya tidak membuat sakit tenggorokan atau pusing kepala.

Saya sensitif banget terhadap MSG alias vetsin. Makan vetsin sedikit saja, migrain saya langsung kumat, dan baru bisa hilang berhari-hari. Waktu makan bakso ini, kuahnya bahkan saya seruput sampai habis!

5. Bersih dan Hygienis

Ketika hadir dan makan langsung di sini, saya langsung jatuh cinta dengan kebersihannya. Mungkin karena baru juga. Tapi yang pasti, area penyajian pun bersih. Ini hal pertama yang langsung jadi fokus perhatian saya.

Setelah puas menikmati Bakso Beranak di Bakso BOM Mas Erwin Cabang Ciputat, saya dan Mia pun pamit pulang. Kami pun foto bersama sebelum berpisah.


Oh ya, lokasi Bakso BOM Mas Erwin di Ciputat ini lokasinya ada di Kampung Utan, persis di seberang Superindo Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan. Sekitar 400 meter kalau dari UIN, belok ke jalan WR. Supratman, arah stasiun Pondok Ranji.

#baksobom #baksobommaserwin #franchisebakso #peluangusahabakso

Cabang-cabang Bakso BOM yang ada di wilayah jabodetabek

1. BEKASI, TAMAN GALAXY, Jl Taman Galaxy blok H5 (seberang Pegadaian) Pekayon Jaya Bekasi Selatan. CP Edi 0859-2502-2200

2. BEKASI RAWALUMBU, Jl Pengasinan raya, Rawalumbu, 4Kota Bekasi. (dekat Alexandria School). CP Selena 0812-8033-2368.

3. BEKASI, PONDOK UNGU PERMAI Ruko Marakash B05/05 Pondok Ungu Permai ( sejajar Superindo). CP (iwan)081293312374.

4. JAKSEL, BLOK M @ Dapur Blok M, Jalan Melawai Raya (Depan Hotel Melawai). Edi 0859-2502-2200.

5. JAKSEL.TEBET, Tebet Barat Dalam Raya ( Sejajar pasar Tebet Barat Raya Samping Dapur Coklat).,( 021) 22983391

6. JAKTIM, RAWAMANGUN.JL Pegambiran no 43 Terminal Rawamangun (Seberang Bank Mandiri). CP Andri 0811-7521-883.

7. JAKTIM. CIBUBUR. Blockbooster Foodcourt Jalan Raya Transyogi Cibubur (Depan Pom Bensin Dekat Save Max).

8. JONGGOL, CITRA INDAH Ruko Shopping Street SS10. Citra Indah Jonggol, Bogor ( Samping Masjid Raya). CP Jaja 08164617570.

9. JAKPUS GAMBIR La Patra Cafe,  Lobby kantor pusat Pertamina, Jalan Merdeka Timur 1A, Gambir. Jakpus. CP Imron 0811734666.

10. TANGSEL CILEDUG, Jalan Pemuda no 2, Cipadu,  Kreo,  Tangerang Selatan. Cp Yusuf 08119621355.

11. TANGSEL, CIPUTAT Ruko blok K Paris Residence jln . WR Supratman no 100 Kampung Utan CIPUTAT ( Depan SUPERINDO). 0811-1009-707 (Dedep)

12. DEPOK, ASA Foodcourt Jalan Raya Kartini RT. 1 / RW. 9, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431. CP Edi 0859-2502-2200

13. CILEGON, Jalan Cibeber Raya,  Kavling, Cilegon (dekat Kejaksaan Negeri). 0898-9621-645 (Hananto)


Jangan lupa follow fanpage dan Instagram Bakso BOM Mas Erwin yaa @baksobom. Siapa tahu ada promo khusus, lumayan kaan.

20 comments:

  1. Punten Mbak Maya tp bakso bukan makanan khas Indonesia tp makanan peranakan,hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa. Sepertinya bakso Bom ini menarik utk dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaap betul, bakso memang makanan peranakan, makanya ga saya sebut makanan asli Indonesia, tapi khas Indonesia. Karena di Indonesia banyak ditemukan di mana-mana, mulai kaki lima sampai kelas resto atau mall.

      Delete
  2. salah satu bakso yang pengen banget aku coba nih, thanks for sharing mba maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau udah cobain, tag aku yaa die

      Delete
  3. Patut dicobaa nih. Makasi mba Maya.

    ReplyDelete
  4. Jadi laper nih mba Maya, coba ada di Bintaro. Huhuhu.

    ReplyDelete
  5. Bakso itu makanan kesukaan suami aku yang akhirnya nular ke aku.
    Penasaran banget sama Bakso Bom Mas Erwin ini. Pengen ajak suami ah.
    Aku sih takut sama bakso beranak, tapi bakso kejunya aku mau.

    ReplyDelete
  6. unik ya di dalam bakso ada baksonya lagi, di Bogor blm ada ya, padahal kayanya enak bgt itu :)

    ReplyDelete
  7. kliatan banget kalo bersih dan higienis mbak
    penggemar bakso macam aku juga pernah beli bakso beranak dong hahahaha

    ReplyDelete
  8. enak banget itu bakso. saya 1 porsi engga cukup loh kadang hehe

    ReplyDelete
  9. Dian juga penggemar bakso jadi kepengen coba bakso Bom^^

    ReplyDelete
  10. Bakso beranak sdh pernah mencobanya.. Nah Skrg ada pula bakso bom ya? Sensasinya gimana ya? Apa pas dikunyah dalam mulut seperti kena bom rasanya? Hehe.. Ada2 saja ide para pedagang makanan utk memikat pelanggannya.. Dibuat judul makanan yg bikin heboh.. Ini trik berdagang yg heboh juga kayaknyabya.. Hehe

    ReplyDelete
  11. bakso ini lagi hitz banget ya, banyak banget yg ngobrolin krn beranak baksonya. aku jadi penasaran mbakk

    ReplyDelete
  12. lah...jauhnya diseberang pulau...malam2 liat beginian..cacing diperut loncat2...
    pengennya kayak lagi ngidam...

    ayooo..tanggung jawab loh..

    ReplyDelete
  13. Hahahaha ternyata bisa ya ngabisin sendirian?
    Wah ada di Depok jg, nyobain ah kapan2

    ReplyDelete
  14. Aku pengen nyobain yang iga dan rasanya maknyuss banget. Bikin ketagihan

    ReplyDelete
  15. ajib! salah satu rekomendasi menu yg sehat

    ReplyDelete
  16. Yang menarik ibu hamil makan gratis itu lho mbaak... Jadi pengen hamil *eh

    ReplyDelete
  17. Bakso BOM ini berseliweran mulu fotonya di timeline jadi bikin semakin pengen nyobain, huhuhu.

    ReplyDelete
  18. itu bakso beranak 3? kenyang banget dong

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa