Agoda

Friday, June 23, 2017

Masak Ayam Semur Sendiri Yuuk #JadiLebihBaik

Masak Ayam Semur Sendiri Yuuk #JadiLebihBaik




Bulan puasa gini biasanya emak-emak suka bingung mau masak apa yang praktis, cepet, mudah, dan disukai semua anggota keluarga. Saya pun begitu. Memasuki minggu kedua biasanya sudah kehabisan ide deh. Mau masak apa yaaa?

Terbatasnya waktu sahur di pagi hari ditambah kondisi mata yang masih mengantuk, bikin menu sahur kadang jadi seadanya. Iya apa iya?

Tapi ajaibnya, walau di bulan puasa, saya kog jadi lebih rajin memasak ketimbang hari biasa? Saya merasa #JadiLebihBaik masak di rumah buat menu berbuka dan sahur. Jadi lebih rajin membuat bukaan. Sesuatu yang kalau dipikir-pikir ga saya lakukan di luar bulan Ramadan. Entah karena mau irit, atau ingin mempersembahkan yang terbaik untuk keluarga? Order makanan via kurir yang mustinya juga bisa dilakukan di bulan puasa, tetap aja ga dilakukan. Masih enak masak sendiri, walau mungkin agak menyita waktu.

Oh ya, kebiasaan saya selama memasak di bulan Ramadan adalah, masuk dapur di sore hari setelah sholat Ashar. Mulai dari preparing makanan berat untuk makan malam, sampai camilan untuk makanan pembuka. Biasanya, saya akan menghabiskan waktu hampir 2 jam untuk itu semua. Lama yaa? Yaa, kerjainnya nyantai soalnya, sambil ngabuburit, hahaha. Disambi mencuci piring, menyiapkan minuman manis untuk berbuka, kopi, dsb.

Nah, buat teman-teman nih, saya mau berbagi satu resep masakan yang menurut saya cukup praktis untuk dibuat, walaupun waktu memasak terbatas. So, kalau mendadak baru disiapkan saat sahur, ga terlalu menyita waktu. Simak ya resep berikut. Jika resep saya ini berbeda dengan resep yang biasa teman-teman ketahui, harap maklum, ini adalah resep versi yang biasa saya gunakan jika memasak ayam semur atau semur ayam. Prinsip memasak dan bumbu ayam semur ini sih hampir sama dengan semur-semur lain, semur daging, tahu, dsb. Tinggal bahan baku utamanya aja yang diganti.

Bedanya ayam semur dengan varian olahan ayam kecap atau ayam goreng mentega, ada pada bumbu rempah yang digunakan. Ciri khasnya ada pada penggunaan pala, kayu manis, dan cengkeh. Tiga rempah utama ini yang dominan dan menjadikannya ciri khas semur. Beberapa resep lain mungkin ada yang memasukkan rempah lain, tapi bagi saya, tiga bumbu utama ini saja sudah cukup ditambah bumbu dasar lain.

Ayam Semur ala Advencious


Bahan :

6-8 potong ayam segar ukuran sedang

2 siung bawang merah, iris halus

3 siung bawang putih, cincang kasar

1 sdm air perasan jeruk nipis

1 batang kayu manis

4-5 pcs cengkeh

1/10 biji pala, haluskan atau bisa juga 1/8 sdt pala bubuk

5 pcs merica/lada, haluskan atau bisa juga gunakan 1/8 sdt merica/lada bubuk

5-10 sdm kecap manis (saya gunakan Kecap Indofood supaya hitamnya lebih pekat)

½ sdt garam

100-200 ml air


Cara Memasak

1. Bersihkan ayam, lumuri dengan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis ayam, sisihkan sekitar 15 menit, buang sisa air jeruk nipis

2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi

3. Masukkan air, biarkan mendidih

4. Masukkan cengkeh, pala bubuk, lada, dan kayu manis

5. Masukkan ayam, biarkan hingga matang sampai ke tulang sekitar 20 menit dengan api sedang

6. Jika ayam sudah matang dan air berkurang hingga setengahnya, masukkan kecap dan garam

7. Setelah ayam berubah warna menjadi coklat kehitaman dan bumbu meresap, matikan kompor



Ayam Semur ala Advencious
Ayam Semur ala Advencious

Yeaaaayy, taraaa, Ayam Semur siap disajikan. Tata ayam di piring saji (biasanya yang agak sedikit melengkung ke atas ujungnya), lalu siramkan kuah semur ke seluruh bagian ayam.

Ayam semur ini biasa menjadi andalan saya kalau kepepet dan bingung menyiapkan menu apa yang mudah, tapi ga murahan *halah. Maksudnya, yang lumayan cepet, cukup 1 kali proses memasak, tapi tetap terlihat mewah ketika disajikan. Tampilan kuahnya yang coklat hitam, bisa memberi kesan “berat”.

Buat emak-emak penting banget kan masakan yang bisa dimasak dengan cepat tanpa melalui proses yang berkali-kali. Hihihi. Emak-emak perhitungan.

Ayam Semur (Semur Ayam)
Ayam Semur (Semur Ayam)

FYI, Ayam Semur ini bisa juga dimasak sekaligus banyak di sore hari, lalu tinggal dipanaskan saat sahur. Kalau ga dipanaskan pun gak apa-apa kog, Ayam Semur termasuk makanan yang tahan lama, ga mudah basi. So, selagi disimpan di meja makan yang bertutup, jauh dari semut dan tikus, aman dimakan lagi saat sahur tanpa perlu dipanaskan. Enak, kan, menghemat waktu di saat sahur ;).

Ok teman-teman, selamat mencoba.

Maya Siswadi

83 comments:

  1. Wah penting tuh mak ga mudah basii . Tfs yaaah~

    ReplyDelete
  2. nyaamm, praktis dan membangkitkan selera..

    ReplyDelete
  3. Menu yang praktis tapi juga sehat, pas buat sahur dan buka puasa nih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, bisa diasak sekalian, ga harus sibuk lgi pas sahur

      Delete
  4. Saya suka bikin semur daging sapi, next time mau coba ah semur ayam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss, cuma, kalau daging sapi kan agak lama tuh utk ngempukin daging, kalau ayam lumayan cepet

      Delete
  5. Maksih mba resepnya. Resep semurnya nggak umum ya. Jdi patut dicoba nih 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya saya tulis versi saya, takut dikomplain kalau beda dengan yang umum

      Delete
  6. Beehhh...enaknya, apalagi kalau pake nasi putih hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaahh itu, enak bangeett *jadi ngebayangiun

      Delete
  7. Wah kuah semurnya nggak harus bening ya mbak, pake kecap kelihatannya lebih enak hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya juga sering masak yg mirip2 seperti ini, Mbak. Biasanya saya tambahin wortel sama buncis dikit, atau kentang goreng. Tapi saya nyebutnya ayam kecap. Hehe.. emang praktis banget ya. Cepet masaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ayam kecap agak beda lagi sebenarnya sih, bumbunya ga sekomplit ini

      Delete
  9. Ini favaorit sejak masih kecil. Di Surabaya nyebutnya ayam lapis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh gitu ya mba? kalau versi di Padang, ayam lapis beda lagi, pakai telur yang diaduk

      Delete
  10. Sama mak, aku juga suka sama semur ayam, semur daging, pokoknya daging dikecap2in aku sukaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. naahh toss lah kalau gitu, anak2ku juga suka ini

      Delete
  11. Langsung laper ngelihat ayam semurnyaaa

    ReplyDelete
  12. Ayam bisa banget diolah jadi berbagai macam rasa. Enyak enyak enyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itulah kelebihan ayam ya, bisa diolah apa aja

      Delete
  13. Pas ramadhan memang menu sahur selalu ada di meja makan. Apalagi buat sahur berkuah dan manis tuh enak banget :)
    Makasih resepnya mbak nanti dicoba bikin deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. colek aku kalau dah jadi ya mbaa, ntar aku tak mampir *ehhh

      Delete
  14. Saya so far bikin ayam semur belum pernah pas. Nanti mau re-cook resep Mba Maya aja deh. Pake kecap Indofood pasti jadi lebih baik rasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, beneran? tricky juga donk ya?

      Delete
  15. Kalau makan yang ada kecap-kecapnya dan bumbunya legit begini, nasinya bisa nambah-nambah sebakul hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, anakku selalu nambah kalau makan ini

      Delete
  16. Mantap nih, bisa buat resep untuk makanan lebaran

    ReplyDelete
  17. Nanti istriku tak paksa suruh masak pakai resep ini lah. Terima kasih mbak atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha, kog dipaksa siiih? kesian lhooo

      Delete
  18. Saya juga suka masak semur karna bisa untuk menu berbuka sekaligus sahur

    ReplyDelete
  19. mbak maya, aku baru bangun tidur trus baca tulisan ini jadi berasa pengen buru2 sarapan sama ayam semur gini.. paling suka sih makan telornya aja gak ayam :D sama2 ayam juga kan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. naahh brarti bikin lah seur telor deeeed, enak jugooo. bumbu dasarnya samoo

      Delete
  20. Jadi laper :D
    Au juga suka semur, apalagi kalau isinya ayam dan tahu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah, aku sering nambahin tahu juga

      Delete
  21. Di rumahku semua suka semur, kalo aku paling ambil kuahnya, ayamnya enggak. Kecuali selain ayam ada telur dan tahu :D

    Trims resepnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti varian bahannya diganti mba, telor dan tahu. bumbu dasar semurnya sama

      Delete
  22. Semur ini termasuk salah satu menu yang jadi favorit semua orang di rumahku, mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ini menu favorit sejuta umat yaa

      Delete
  23. Anak2ku gak pernah suka semur yg ada wangi cengkeh nya. Jadi tiap masak semur selalu skip cengkeh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh, ga doyan aroma cengkehnya? takut ketelen cengkehnya kali yaa

      Delete
  24. Iya nih, aku tuh paling malas masak tapi pas puasa kemarin aku mendadak rajin walau masih cetek hahaha. Semur ayam ini olahan favorit keluarga sejak aku masih kecil dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha, bulan puasa malah bikin kita raji masak ya maaakk

      Delete
  25. Gampil ya mbk, bahan2nya jg gmpang nemuinnya, di ibu sayur adak,
    Njajal ah,
    Makasih sharenyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampaang mba, ada semua di mamang sayur

      Delete
  26. Mau langsung praktek resepnya ah
    Makasih mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah jadi, kabari yaaakk, kirim ke aku *ehh

      Delete
  27. Makanan kesukaanku mbaaa semur...pake indofood lebih kentallll manisnya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betooolll,lebih pekat da kental ternyata

      Delete
  28. Kesukaan saya Ayam semur...mkch y Mba Maya Resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikiiin bund, ntar kirim ke aku yaa *ngarep

      Delete
  29. Suka deh sama semur, manis dan enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sebenarnya ga terlalu suka yang manis-mnis, makanya aku buat versi yang ini, yg ga terlalu manis

      Delete
  30. Aku sering jg masak ayam semur karena anak2ku doyan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya menu ini gampang disukai anak2 yaa

      Delete
  31. enaknyo mba May, bagi sini buat anak kost

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak lah ini, ayoo sini main, ntar aku suguhin

      Delete
  32. Replies
    1. bikiiin mbaaa, pasti tambah menggiurkan

      Delete
  33. Ini kesukaan suami. Tapi belum permah saya masakin. Hehe... Sejak 2010 saya kapok makan semur Mak. Gegara, sama ibu mertua saya dimasakin semur daging gosong song gak bisa dimakan, eh masih dibawain saya pulang. Sampek kostan kadung dijalan gak beli lauk, ternyata tuh semur sama sekali gak bisa digigit kueras. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sekarang udah ganti mertua :D

      Delete
    2. Waaah, semur daging gosong? Seperti apa rasanya? Duuh, ada2 aja ya. Tapi sayang dagingnya, huhuhu

      Delete
    3. Laah, dah ganti mertua? Walah

      Delete
  34. Senengnya kalo masak ayam semur, bikin nya mudah & rasanya selalu cocok dilidah

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaahh itu dia, makanya kalau lagi pusing mau masak apa, ini dah yg langsung terlintas

      Delete
  35. Sering bikin semur ayam tapi bumbunya ga sekomplit itu...

    ReplyDelete
  36. Kesukaan aku mba Maya, semur gini... lahap makannya plus sambel ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kayak suamiku, makan ginian harus ditolong sambal biar bisa nikmat makannya

      Delete
  37. Mantep ni semurnya, bumbunya aa lengkap kayak gitu, tapi mah klo yang ane nggak bisa masak. Jadi sebanyak apa pun bumbumnya dan sebaik apa pun resepnya, hasilnya nggak memuaskan

    ReplyDelete
  38. Semur ayamnya bnran bikin laper ni mbak :)

    ReplyDelete
  39. Maksih mba resepnya. Resep semurnya nggak umum ya. Jdi patut dicoba nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa