Agoda

Thursday, June 15, 2017

Mudik Via Udara? Aman Donk!

Munculnya berita-berita tentang musibah pesawat beberapa bulan lalu, tak urung membuat banyak orang sempat ketar ketir. Duuuh, bepergian dengan pesawat tuh aman ga sih. Nanti jatuh, nanti tergelincir, nanti blablabla. Banyak ketakutan-ketakutan yang menghantui.


Padahal, angka kejadian kecelakaan pesawat sebenarnya lebih kecil dibanding angka pesawat yang berhasil sampai di tujuan dengan aman dan selamat. So, kemungkinan pesawat jatuh, tergelincir, dsb, Insya Allah lebih kecil. Kerja sama yang baik antara semua lini, akan bisa menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman. Pilot yang disiplin, maskapai yang kooperatif, penumpang yang mematuhi rambu, hingga dinas perhubungan yang memantau jalannya system dengan baik.

Bepergian menggunakan jalur udara dengan menggunakan pesawat, bisa dikatakan jauh lebih nyaman. Gimana ga mau nyaman, waktu perjalanan jauh lebih singkat dengan fasilitas AC yang full. Beberapa maskapai bahkan melengkapi fasilitasnya dengan makanan dan minuman berlimpah. Enak ya.

Nah, di musim mudik ini, teman-teman mudiknya menggunakan moda transportasi apa nih?

Siapa yang menggunakan pesawat?  Cuung via komen yaa.

Kenapa memilih menggunakan pesawat untuk mudik? Jawab via komen yaa, nanti ada hadiah buat yang komennya paling menarik ;).

Tips Agar Aman di Pesawat

Oh ya, ada tips nih dari #SobatAviasi, komunitas yang dibentuk Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan. #SobatAviasi adalah sebutan bagi teman-teman yang sering menggunakan angkutan udara, alias pesawat, sebagai sarana transportasi.

1. Matikan Ponsel saat Memasuki Pesawat

Kenapa sih ponsel harus mati? Supaya pilot tidak mengalami gangguan saat harus menangkap sinyal dari Air Traffic Control (ATC). So, jika teman-teman mau coba-coba bandel menghidupkan ponsel atau wifi, sinyal ini akan mengganggu sinyal dari ATC yang dibutuhkan oleh Pilot. So, jangan anggap enteng ya #SobatAviasi


"Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan: Pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan." Demikian bunyi pasal 54 butir (f) dalam Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. #SobatAviasi, saat pesawat lepas landas dan mendarat adalah ‘masa kritis’ di mana posisi pesawat berada dekat dengan daratan. Pada masa itu pilot tidak ingin ada gangguan apapun, terutama pada instrumen navigasi penerbangan akibat pengaktifan ponsel dan laptop. Baik ponsel maupun sistem komunikasi pesawat sama-sama mengandalkan frekuensi. Ponsel yang terkoneksi Base Transceiver Station (BTS), meski tidak digunakan berkomunikasi, akan tetap aktif mencari sinyal. Sementara di saat itu pilot harus melakukan komunikasi dengan Air Traffic Control (ATC) yang mengatur lalu lintas udara. Terjadinya benturan gelombang elektromagnetik akan menimbulkan noise yang mengganggu sistem telekomunikasi pesawat dan membuat pilot mengalami kesulitan untuk mendengar dengan jelas instruksi dari ATC. Patuhilah instruksi untuk menonaktifkan ponsel ini, agar penerbangan kamu #SelamatAmanNyaman #Selamanya. #FlyingMinded #SafetyFirst #AviationLovers #AviationDaily #djpu151 #NonaktifkanPonsel @kemenhub151.
A post shared by Perhubungan Udara (@djpu151) on



2. Bawa Barang Secukupnya

Membawa barang berlebih, selain membebani luggage, kena biaya tambahan, juga dapat membahayakan penerbangan. So, walaupun ada batas maksimum bagasi yang diperbolehkan, tetap lah kontrol barang yang akan dibawa. Baik ke dalam bagasi, atau yang masuk ke kabin. Bikin aman diri sendiri dan orang lain deh :).

3. Hindarkan membawa benda-benda tajam, benda yang dapat meledak, dsb

Ingat lah, membawa benda-benda ini selain membahayakan buat diri sendiri, juga membahayakan buat orang lain.

So, inget-inget ya #SobatAviasi, selagi dalam perjalanan udara, patuhi segala rambu-rambu penerbangan, demi keselamatan diri dan keselamatan seluruh penumpang.

Jika 1 orang saja ceroboh, maka nyawa orang lain pun akan jadi taruhannya. Jadi, selain perduli pada keselamatan diri, perduli juga ya pada keselamatan penumpang lain. Jika ada penumpang lain yang lalai, atau lupa, ga ada salahnya kog untuk mengingatkan. Kan demi kebaikan bersama, ya ga sih?

Nah, kalau kita sudah bisa bersikap aman, Insya Allah deh, perjalanan mudik via udara pun akan #SelamatAmanNyaman #Selamanya. Percaya?

Tips Mudik Aman lainnya bisa dibaca via sosial media Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan @djpu151, ada banyak tips aman di sana.

A post shared by Perhubungan Udara (@djpu151) on


So, selamat mudik teman-teman. Selamat Aman Nyaman Selamanya ya. Terbang kembali pulang dengan selamat.

Lomba Vlog

Oh ya, #SobatAviasi punya tips mudik yang aman dan nyaman atau aktivitas mudik menggunakan transportasi udara?

Yuuk, coba buat dalam bentuk vlog.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sedang mengadakan lomba Vlog lho, hadiahnya Action Cam dan Perjalanan ke Raja Ampat. Detail info lombanya di http://selamanya.id/




Ikutan yuuuuk. Hadiahnya menggiurkan, Raja Ampat. Kece kan?

Tiap minggunya akan dipilih pemenang yang akan mendapat Action Cam, merchandise kece dari DJPU. Gampang aja kog, tinggal videoin aja kegiatan mudik kamu pakai pesawat, atau apapun yag berhubungan dengan itu. Asyik kan. Sambil menyelam minum air deh. Mudik sambil bikin vlog dan ikutan lomba Vlog DJPU, ahaay, seruuuuu.


21 comments:

  1. Sebenernya cukup gak sih hp dibuat mode pesawat? Soalnya suka gatel pengen foto2 n rekam2. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Pernah ada yang enkat bawa senjata tajam ke pesawat. Untung aja ketahuan ya mba. Gunting aja setauku nggak boleh ya mba

    ReplyDelete
  3. Saya 3 tahun ini gak ngerasain mudiknlagi, mbk. Soalnya sekarang tinggal di rumah ibu :)

    ReplyDelete
  4. Kalo nurut aturan niscaya aman
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  5. Iyaa banget inii...
    bahkan udah jelas-jelas ada gambar dilarang mengambil gambar di area lanud, tapi masih addaaa aja yang popotoan.

    Gemees.

    ReplyDelete
  6. Penting sekali mengamankan barang pribadi kalau lagi rame . Meski di pesawat kejahatan bisa saja twrjadi

    ReplyDelete
  7. Wah ga bisa ikutan dong secara gak mudik apalagi naik pesawat :p

    ReplyDelete
  8. Hhhm ngebayangin naik pesawat terbang nih, belom pernah naik pesawat hihi

    ReplyDelete
  9. Emang enak ya Mbak naik pesawat. Tiketnya juga lebih mahal sih ya. hihihi...

    ReplyDelete
  10. Nah iya. Meski terlihat mudah, gamang dan cepat, sebenarnya mudik dengan pesawat butuh kesiapan lahir bathin. mental dan fisik biar aman dan nyaman. Juga butuh itikad untuk menjadi penumpang yang baik dengan mengikuti smua ketentuan agar tak merugikan penumpang lain

    ReplyDelete
  11. soal benda tajam jadi inget gunting XD mikirnya itu benda simpel aja tapi tetap dianggap berbahaya.. Mama dulu pernah diambil guntingnya hehe

    ReplyDelete
  12. Pesawat itu emang yg paling aman utk mudik. Menurut prosentase kecelakaan pesawat lbh sedikit ketimbang jalan darat. Cuma krn beritanya besar jd seolah2 gmn gtu :D

    Wah ternyata lombanya ada periode duanya ya?
    Semoga bisa ikutan :D

    ReplyDelete
  13. Pengen banget musik naik pesawat biar gk kena macet,,. Sayangnya di Cirebon bandar udaranya kecil dan belum dibuka untuk umum,,. Yang ada cuma helikopter gitu mba.

    ReplyDelete
  14. jika mengikuti peraturan dengan benar, insya Allah, mudik naik pesawat lebih aman dan lancar ya

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya mbak. Eh iya sy bingung katanya gak boleh nyalain hape. Yp kok bisa selfie sih

    ReplyDelete
  16. Sayaa! Apalagi kalo pulang kampung ke padang, rasanya udah ga kuat kudu lewat jalur darat macem dulu XD

    ReplyDelete
  17. Pas banget. Bentar lagi babysitterku akan mudik naik pesawat sendiri. Pertama kali nya dia akan naik pesawat sendirian. Biasanya sama aku. Jadi aku suka ngingetin ini itu, mana yg boleh dan nggak. Besok sendirian, otomatis harus tahu dulu tips aman nya naik pesawat. Artikel ini bakal aku tunjukkin ke babysitter ku. Tks for sharing :)

    ReplyDelete
  18. Begitu ada pengumuman pesawat mau lepas landas, hp langsung saya matikan, Mbak :)

    ReplyDelete
  19. Begitu ada pengumuman pesawat mau lepas landas, hp langsung saya matikan, Mbak :)

    ReplyDelete
  20. Sayang mudiknya deket dan gak ada bandara ,,hhhaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa