Agoda

Friday, June 9, 2017

Ngobrolin Mudik Sehat di RPTRA Kalijodo

Ga kerasa ya, Ramadhan sudah memasuki minggu kedua. Dua minggu lagi akan segera lebaran. Beberapa keluarga mungkin ada yang sudah mudik duluan.

RPTRA Kalijodo

Kebetulan banget, 2 Juni 2017 lalu, saya ikut ngobrol-ngobrol bareng Kementerian Kesehatan tentang Tips Mudik Sehat. Yang unik, acara kali ini diadakan di taman yang heboh saat penggusuran lahannya. RPTRA Kalijodo.




Sebelum dibangun jadi Ruang Terbuka yang indah oleh Sinar Mas grup, Taman ini dulunya merupakan area lokalisasi terbesar di utara Jakarta. Kini, beberapa warga sekitar mengenal taman ini sebagai Taman Ahok. Tahu donk kenapa? Yap, peristiwa penggusuran dan pro kontra perubuhan bedeng-bedengnya sempat menjadi sorotan publik di era Ahok menjabat Gubermur.
RPTRA Kalijodo

Kini, area Kalijodo yang terletak sekitar 1,5 KM dari Stasiun Angke ini telah disulap menjadi cantik. Bisa digunakan untuk bermain skateboard, sepeda, lari, senam, dsb. Buat yang suka skateboard, ada area khusus yang sengaja dirancang bergelombang, naik turun, dsb. Ada taman untuk anak-anak juga.

Pembagian Takjil Sehat oleh Kemenkes

Saya sempat berpikir, ini Kemenkes buat acara di RPTRA Kalijodo dalam rangka apa? Persis saat saya datang, tampak mobil Kemenkes jadi titik kumpul pembagian takjil sehat plus flyer GERMAS. Oh yaya, rupanya Kemenkes sedang melakukan kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat).

Pembagian Takjil Sehat

Setahun terakhir Kementerian Kesehatan memang sedang gencar melakukan Gerakan Masyarakat Sehat. Menghimbau masyarakat menjauhi gaya hidup tak sehat.

Ngobrol bareng blogger tentang Tips Mudik Sehat ini juga jadi bagian GERMAS.

Sore itu kami ngobrol-ngobrol santai sambil lesehan ditemani semilir angin sore yang berhembus sejuk, ditingkahi suara anak-anak yang ramai bermain di sekitar kami. Kebetulan lokasi ngobrol yang dipilih dekat dengan arena skateboard.

Ngobrol Mudik Sehat Bareng Kemenkes

Tips berpuasa yang diberikan Kemenkes :

1. Berbukalah secukupnya, jangan makan berlebih
2. Kurangi aktivitas fisik berlebih di siang hari
3. Usahakan untuk istirahat siang
4. Batasi asupan gula dan makanan manis
5. Kontrol kadar gula darah penderita diabetes


Mudik Sehat

Mengatasi berbagai peristiwa yang tidak diinginkan atau terulangnya kejadian macet berpuluh-puluh jam seperti yang terjadi tahun lalu, Kemenkes memberi beberapa catatan tentang mudik yang sehat berikut :

1. Siapkan air minum yang banyak, terutama air putih. Ingat, jangan mengandalkan beli air minum. Bisa saja air minum di rest area, stasiun, terminal, sedang kosong. Jangan sampai dehidrasi deh karena kekurangan air minum. Apalagi membawa anak-anak, kasihan kan kalau sampai mereka kehausan.

2. Bawa bekal makanan, usahakan yang bersih dan sehat. Sama seperti bawa air minum, bekal makanan ini tujuannya untuk mengantisipasi tidak adanya penjual makanan.

3. Biasakan cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Walau sedang mudik, kebiasaan ini harus diperhatikan.

4. Hati-hati dengan tawaran makan-minum dari orang yang tidak dikenal. Jangan diterima. Bisa saja itu modus untuk merampas barang-barang saat kita lengah.

5. Buanglah air kecil/besar pada tempatnya. Gunakan toilet. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan toilet, siram lah dengan baik, agar sama-sama nyaman.

6. Gunakan masker untuk melindungi diri dari asap, debu, dan polusi

7. Tetaplah jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya. Ingat, lingkungan yang kotor akan mengundang penyakit.

Oh ya, ada tips tambahan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, istirahatlah setiap 4 jam. Titik lelah seorang pengemudi adalah 4 jam. Agar aman, berhentilah, entah di masjid, musholla, rest area, pom bensin, dsb. Jika ada teman atau pengganti, akan lebih baik lagi jika menyetir secara bergantian.

Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan beberapa posko kesehatan di beberapa titik yang dilalui pemudik. So, jika perlu pemeriksaan kesehatan, mampirlah ke beberapa posko kesehatan terdekat. Bahkan bisa juga mampir ke Puskesmas yang kebetulan dilewati.

Bawa kartu BPJS dan kartu keluarga saat mudik. Ga ada salahnya antisipasi ya, siapa tahu dibutuhkan saat sedang mudik.

So, gimana teman-teman? Sudah siap mudik?

Kemenkes menghimbau agar mudik lebih awal jika membawa rombongan sirkus *ehhh. Kalau membawa anak-anak, bisa saja mereka menjadi lebih rewel dan capek.
Mudik lebih awal akan meminimalisir keriweuhan dengan anak-anak di perjalanan. Ya maklum, banyak pemudik di terminal, stasiun, dsb. Kalau naik mobil atau bis, ada kemungkinan macet kalau mepet waktu lebaran.

Persiapkan diri ya teman. Istirahatlah yang cukup, jaga kesehatan, makan lah makanan sehat dan minum air putih yang cukup.

Have a nice mudik friend

12 comments:

  1. Aku enggak pernah mudik, mudiknya deket soalnya... kadang pengen dech liat temen2 yang pada mudik

    ReplyDelete
  2. Ntar ke Jakarta, pengen main ke sini, ah.

    ReplyDelete
  3. Mudik itu yang paling penting jaga keselamatan. Tujuannya khan pengen kumpul sama orang tua dan keluarga ya, jadi memang harus hati-hati dan matang persiapan perjalanannya

    ReplyDelete
  4. Bawa bekal makanan dan air minum sendiri itu penting emang ya mbak. Khaatir kalau yg dijual enggak jelas gtu kebersihannya TFS

    ReplyDelete
  5. Kebersihan toilet. Nah ini bener banget. Soalnya banyak yang suka ninggalin jejak kalo abis pake toilet. Huhu berimbas ke orang yg mau pake sesudahnya :(. Apalagi pas mudik nanti, pasti toilet cewe penuh dan mengular antriannya.

    ReplyDelete
  6. whaa ada boboboi! Insya Allah tahun ini aku mudik naik mobil. Ku ingatkan buat pak driver supaya sering istirahat, ga buru-buru

    ReplyDelete
  7. Wahhh senang banget bisa berkunjung ke tempat ini dan sekaligus mendapatkan tips sehat dari Kemenkes RI ya,

    ReplyDelete
  8. Kapan ya saya bisa ke Taman Ahok :)

    ReplyDelete
  9. Usahakan untuk istirahat siang.. duh aku juga mauuuu haha
    tapi kan kerjaa :')

    Eh kalijodo bagus sekali sekarang, tapi aku belum sempet nengok tempat hits itu

    Mudik bagiku sudah menjadi ritual tahunan, jadi udah siappp :D

    ReplyDelete
  10. Terima kasih sudah mengingatkan persiapan mudik....

    ReplyDelete
  11. mbaaa selamat menyiapkan persiapan lebaran dan mudik yaa semoga sampai di kampung halaman dengan selamat salam dr bali

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa