Agoda

Wednesday, December 20, 2017

[EVent] Indonesia 2018 Asian Para Games

Tahun 2018 ini, Indonesia akan kehadiran 2 event olahraga besar. Skalanya ga main-main. Asia. Kebayang ya guys. Berapa puluh negara di Asia yang akan mengikuti kompetisi dan menghadirkan atlet-atlet beserta kru-krunya di Indonesia.

Wuiihh, sebuah event olahraga yang punya potensi wisata dan penggerak ekonomi yang besar. Bayangkan, berapa banyak hotel yang akan dipesan? Berapa banyak transportasi atau kendaraan yang akan disewa? Berapa banyak resto, cafe, atau rumah makan yang akan kebanjiran pengunjung? Belum termasuk daerah tujuan wisata seputar kota-kota penyelenggara. Pusat-pusat souvenir, pusat penjualan oleh-oleh, hingga pedagang kaki lima.

Tak heran, ajang olahraga ini juga dikampanyekan dan disosialisasikan besar-besaran!

Sosialisasi APG 2018 di Summarecon Mall Serpong
Sosialisasi APG 2018 di Summarecon Mall Serpong

Asian Para Games 2018

Salah satu yang tengah gencar melakukan sosialisasi adalah Indonesia 2018 Asian Para Games (APG 2018). Sebuah ajang kejuaraan olahraga bagi penyandang dissabilitas di seputar Asia.

Tak tanggung-tanggung, event ini akan diikuti oleh 43 negara! Wow, hampir 50 negara. Kebayang ya, 5 negara aja udah banyak, apalagi sampai 40an gitu. Seandainya 1 negara memboyong 100 kru + atlet aja, apa ga heboh? Pasti seru dan meriah!

Renovasi Venue


Kabarnya, event ini akan menghadirkan 10.000 relawan untuk membantu menyukseskan acara. Venue acara di gelora Bung Karno pun saat ini sedang direnovasi besar-besaran, disesuaikan dengan kebutuhan para atlet dissable. Wow. Semoga meninggalkan warisan sarana olahraga dan fasilitas lain yang layak pakai untuk semua orang. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya fasilitas publik yang layak bagi dissable.

Medali dan Cabang Olahraga


Memperebutkan 582 medali dari 18 cabang olahraga seperti atletik, Memanah, Tenis, Badminton, Tenis Meja, Renang, Catur, Bola Volley, dsb.  Event Para Games ini akan berlangsung selama delapan hari, mulai tanggal 6 - 13 Oktober 2018. Diperkirakan akan hadir sekitar 3000 orang atlet dissable dan kru dalam ajang ini.

Slogan


Mengusung slogan "The inspiring Spirit and Energy of Asia", ada 4 misi yang dibawa oleh Asian Para Games 2018 ini; determination, courage, equality, dan inspiration. Wooh, semangaat! Manusia normal aja bisa jadi sumber inspirasi, apalagi para penyandang disable. Mereka selalu mengajarkan semangat pantang menyerah, semangat pantang berputus asa, semangat berjuang. Dalam keterbatasan, selalu tersimpan kekuatan yang bisa ditonjolkan.

Asli! Super Excited.

Bangga rasanya bisa menjadi tuan rumah. Apalagi Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang terpilih untuk menjadi penyelenggara. Semoga atlet-atlet para games Indonesia bisa mempertahankan posisi juara bertahan yang selama ini sudah disandang.

Sosialisasi


Sosialisasi sudah dilakukan di beberapa kota-kota besar. Mulai Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Batam, Samarinda, Makassar, dan Ambon. 

INAPGOC (Indonesian Asian Para Games Organizing Committee) secara aktif melakukan penyebaran informasi melalui berbagai komunitas. Mulai atlet penyandang dissabilitas, komunitas difabel, komunitas hobi, hingga pengunjung pertokoan di beberapa kota besar di Indonesia.

Sosialiasi di daerah Tangerang dilakukan di Summarecon Mall Serpong, tempat saya berkunjung pada 15 Desember 2017 lalu. Booth APG 2018 yang dibuka sejak 13 - 17 Desember 2017 ini menghadirkan berbagai informasi seputar event sekaligus menghimpun para relawan.
Foto Bersama dengan Media
Foto Bersama dengan Media


Ga disangka, relawan yang direncanakan berjumlah 10rb orang sudah tutup pendaftarannya (mudah-mudan belum ya). Padahal saya pengen daftar jadi relawan. Pengen jadi bagian event besar ini.

Ah, tak sabar rasanya mau menyaksikan event ini tahun depan. Tunggu sosialisasinya di kota-kota kalian yaa.

Situs Resmi


Info lebih lanjut tentang event ini bisa diikuti terus di situs resminya http://www.ina2018apg.id dan sosial media (IG) @ina2018apg atau Facebook Indonesian 2018 Asian Para Games.

Jangan lupa ya guys, ikuti infonya dan dukung terus eventnya. Mari kita sukseskan event besar ini! Semangat!

Maya Siswadi

4 comments:

  1. senang banget event para games ini diadakan di indonesia. smoga pemerintah dan masyarakat lebih aware ttg para difabel ini

    ReplyDelete
  2. aku pengen banget nih bisa nonton langsung pertandingannya, semoga bisa !

    ReplyDelete
  3. Waaaaah jadi gasabar nunggu para atlit disable indonesia merebut medali-medali di APG 2018. Semoga Indonesia bisa jadi juara umum yaaaa

    ReplyDelete
  4. asik juga ya kalau jd relawan dapat pengalaman baru

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa