Agoda

Friday, December 15, 2017

Libur Seru Dengan Mobil Impian Baru

Yuhuuu, sudah menjelang akhir tahun nih. Saatnya menikmati liburan. Hawa-hawa libur sudah terasa di sana-sini. Gegap gempita menjelang libur akhir tahun makin terasa. Ada yang sudah sibuk dari jauh-jauh hari mempersiapkannya. Entah dalam rangka menghabiskan jatah cuti yang masih tersisa, atau dalam rangka menikmati libur sekolah.

Sudah punya rencana liburan ke mana guys?

Wacana Liburan


Minggu lalu baru aja saya kasak kusuk sama suami, pengen ajak anak-anak liburan ke Lampung. Kebetulan, suami lahir dan besar di sana, walau bukan penduduk asli lokal. Suami sih punya banyak fan base, hahaha. Ya, itu sih istilahnya dia ya, secara dulu, puluhan tahun lalu, dia musisi Lampung terkenal pada masanya *jiaah. Pada masanya ya, catet! Hahahaha. Sekarang sih tentu sudah beda kondisinya.

Sayangnya, sudah lebih dari 5 tahun kami tak pernah lagi menjejakkan kaki ke sana. Padahal, dalam 2 tahun terakhir ini, pariwisata Lampung sedang berkembang pesat. Hasrat saya untuk berkunjung makin besar.

Saya sih pengennya ngebolang aja berlima sama anak-anak naik kereta. Sekarang commuter line kan sudah sampai Rangkas Bitung, trus lanjut sambung kereta biasa sampai Merak, nyebrang pake fery, trus lanjut naik bis. Huaa, ngebayanginnya seru. Saya memang suka ngebolang. Tapi ini suami lain lagi pemikirannya.

"lah, emang ngebolang berlima gitu, murah?"
"lho, bukannya murah ya?
"nih ya, naik keretanya ditotal udah berapa, belum naik kapal fery 25rb/orang, trus nanti sambung busnya udah 35rb loh per orang"
"Haahhh?"
"Iya, itu belum termasuk jajan, makan, bisa abis PP 1-1,5juta juga"
"hmmm"
"Mending naik mobil"
"ehk"

Bwahaha, iya sih, kalau liburan sekeluarga rame-rame sama anak-anak memang jatuhnya lebih murah naik mobil sih ya. Tiket kereta atau pesawat kalau dikali 5 orang udah habis berapa. Pun jadi bebas mau mampir-mampir atau berhenti sesuka hati kalau pengen sesuatu. Mau berkunjung ke mana aja ga jadi halangan.

Nah, otak liburan saya makin kacau ketika datang ke acara bincang santai "Cerdas Pilih Mobil Impian" yang diadakan @mobil88 di resto The Hook, Jakarta, pada Senin, 11 Desember 2017 lalu.

Pak Halomoan Ficher, COO mobil88 sedang bercerita

"Setelah tahun kedua, harga mobil bekas cenderung stabil. Kalau harga mobil baru 100 jutaan, di tahun pertama akan menyusut jadi 80 jutaan dan jadi sekitar 70-60 jutaan di tahun kedua. Nah, setelah itu cenderung stabil" sebut Halomoan Ficher, COO mobil88

Investasi Mobil?


Adiknya suami happy banget waktu beli mobil bekas impiannya cuma 70 jutaan. Pas bosan dan mau ganti mobil lain, mobil lama itu laku terjual 80 jutaan. Wuaaahh.

"Beli mobil mobil bekas bisa jadi investasi, asal cerdas memilih penjual dan mobil yang akan dijadikan Investasi" seru mba Ghita Argasasmita, financial planner.

Wohoooo, berubah lagi deh mindset saiyah. Selama ini ogah investasi mobil karena harganya yang pasti anjlok. Rupanya, anjloknya harga mobil itu hanya terjadi di tahun pertama sampai kedua. Penyusutan harganya sekitar 15-25% dari harga perdana. Saat memasuki tahun ketiga, harga mobil justru cenderung stabil.

Pantes lah saya pernah lihat ada yang suka gonta ganti mobil. Mungkin mobilnya itu merupakan investasi ya. Kakaknya suami pun punya beberapa mobil buat investasi. Mobil bekas sepertinya lebih mudah laku ketimbang rumah atau tanah. Hmmm.

Lantas saya jadi pengen cari mobil kece di mobil88 yang akan sale akhir tahun, mulai 15-17 Desember 2017. Mayan kan kalau dapat mobil bekas berkualitas harga nyungsep? Bisa buat mejeng akhir tahun *ehhh. Maksudnya bisa buat liburan ke Lampung *kedip.

Orang mah ga akan nanya mobilnya bekas atau second. Yang dilihat tetep aja prestige mobilnya.


Beli Cash atau Credit?

Sempet nanya juga ke mba Ghita, untungan mana beli mobil bekas, cash atau credit?

"Mobil bekas itu harganya lebih terjangkau dibanding mobil baru. Buat yang budgetnya terbatas, mobil bekas bisa jadi alternatif untuk membeli mobil impian. Bisa beli cash kalau cukup dananya, ini lebih untung. Tapi jika tidak, bisa juga kredit. Toh harganya stabil. Setelah selesai kredit, alihkan dana yang tadinya untuk kredit ke investasi, nantinya dana ini malah bisa beli mobil lagi dengan cara cash!"

Wuidiiih, iya juga ya.

Garansi


Saya langsung mupeng dan pengen cari mobil. Mana mobil yang ada di mobil88 ini tahunnya muda-muda, maksimum 7 tahun usianya. Pun, mobil88 memberikan garansi uang kembali jika ternyata mobil yang kita beli itu tersangkut kasus hukum.

"Beli mobil bekas itu tricky. Ga cuma soal perawatan atau kilometernya aja, tapi lebih ke masalah hukum. Kita harus jeli memilih, jangan sampai beli mobil bodong atau tersangkut kasus hukum" jelas pak Ficher.

Kalau beli mobil bekas via mobil88 ternyata ada banyak garansinya. Selain garansi service, juga garansi ganti mobil jika mobil yang kita beli itu bermasalah.

"Pernah ada mobil yang kita jual ternyata tersangkut kasus money laundering. Padahal kita sudah cek n ricek ke kepolisian. Tapi ternyata pemilik lama tersangkut kasus, jadi lah pemilik baru ikut terseret. Berhubung beli mobilnya via mobil88, ya kita bantu sampai kasusnya selesai" lanjut Pak Ficher.

Hm, beli mobil bekas memang kudu jeli juga ya, ga bisa asal beli. Salah-salah malah tersangkut kasus hukum. Untungnya mobil88 ini tanggung jawabnya besar juga, jaminan keamanan pembelian mobilnya ga main-main.

Beli Mobil Untuk Liburan

So, mau beli mobil yang mana ya, buat liburan?

Kalau liburannya domestik dan rame-rame sekeluarga, rasanya lebih irit kalau naik mobil ya. Bisa jalan-jalan ke banyak destinasi. Bisa mampir pula sesuka hati. Hmmm.

Pengennya sih yang sekelas MPV yang bisa muat banyak orang, jadi bisa ajak keluarga besar jalan-jalan. Nyoba intip-intip mobil88 aaahhh. Kali-kali aja ada MPV cakep yang bisa dibawa pulang *ehm

2 comments:

  1. Jadi tahu kemana harus cari mobil second berkualitas,mkch infonya Mba

    ReplyDelete
  2. wahh harus hati2 yaa beli mobil bekas. bukan hanya masalah kondisi mobilnya tp juga surat2nya. gak lucu tuh kalau kena kasus gara2 beli mobil bekas

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa