Agoda

Saturday, January 20, 2018

Magang Jadi Petugas Koperasi Sekolah

Dulu, waktu masih kelas 1 SMA, saya pernah magang jadi anak koperasi. Tiap istirahat, saya pasti segera ngabur ke koperasi, buka "warung".

Kog bisa jadi petugas koperasi?

Sebagian ceritaanya sempat saya tuliskan di sini.

Jadi petugas koperasi sekolah emangnya enak?

Hm, bicara enak ga enak sih relatif ya. Tapi yang pasti, saya menikmati masa-masa saya disibukkan mengurus koperasi ini. Mulai dari menjual makanan, perangkat atau atribut sekolah, sampai ATK.

Pagi-pagi sekali, tempat pertama yang saya datangi adalah koperasi. Lho kog? Segitu cintanya loe ama koperasi May? Bukaaan.



Setiap pagi saya punya tanggung jawab bebersih ruangan. Saya juga perlu menyusun beberapa barang yang tak sempat dibereskan saat tutup koperasi di hari sebelumnya. Sengaja ini saya kerjakan pagi-pagi, agar saat istirahat, saya tak perlu terburu-buru harus berlari-lari untuk membuka koperasi. Kalau gurunya pelajaran terlambat mengakhiri pelajaran bagaimana? Ya terpaksa pasrah, terlambat membuka koperasi.

Yaa, untungnya sih kami dulu itu team work. Selain saya, ada beberapa teman yang juga bertugas menjaga koperasi.

Saya bersyukur mendapat kesempatan menjadi petugas koperasi sekolah. Walau ga ada bayaran, saya mendapatkan banyak ilmu yang luar biasa. Life skill.

Saya jadi belajar mengelola "toko", belajar menentukan harga jual, belajar mencatat pembelian dan penjualan, belajar melayani pembeli, belajar menghadapi berbagai masalah, belajar bekerja sama dalam team, hingga belajar memahami karakter rekan-rekan satu team.

Secara tidak langsung, berawal dari menjadi petugas koperasi sekolah ini lah saya jadi berani "berjualan". Yaa, memang ga langsung terasa saat itu, tapi pengalaman menjadi koperasi sekolah ini sangat membekas. Ini lah yang menempa saya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa