Agoda

Monday, April 30, 2018

Gastromaquia, Tempat Asyik Buat Buka Puasa Bersama

Sore itu, saya senang sekali mendapat email dari clozette.id (@clozetteid) yang mengabarkan saya mendapat kesempatan untuk mencicipi hidangan menu Ramadhan di Gastromaquia, Tempat Asyik Buat Buka Puasa Bersama, sebuah restoran hidangan khas Spanyol, yang sudah eksis sejak 2008 di Madrid, Spanyol. Yeay, saya melonjak-lonjak bergembira "asyikkkk...makan-makan" *upppss.

Setelah sebelumnya melakukan reservasi, saya datang ke Gastromaquia pada hari Sabtu, 28 April 2018 bersama Falda. Suami yang rencananya mau ikut, mendadak ada meeting. Ya sudah lah, reservasi sudah dilakukan dan saya pun udah keburu ngiler ngebayangin bakal makan-makan enak di Gastromaquia *ehhh



Gastromaquia,Tempat Asyik Buat Buka Puasa Bersama
Gastromaquia,Tempat Asyik Buat Buka Puasa Bersama

Restoran artistik bergaya romantik futuristik ini menyambut saya dengan gaya yang cantik. Saat membuka pintu, saya langsung di hadapkan pada meja konsol yang di atasnya diletakkan aneka pernah pernik menarik bertema Shabby Chic. Di bagian dinding atas diletakkan kaca oval melintang.

Resto yang terletak di daerah Ciniru Kebayoran baru ini mempunyai 2 lantai. Lantai dasar berisi bar dan beberapa meja kursi yang berwarna pastel dengan hiasan bergaya Shabby chic. Ruang bawah saat itu sedang ramai, beberapa meja sudah diisi beberapa tamu. Hanya tersisa satu meja, saya merasa kurang nyaman. Saya pun memilih naik ke atas yang dekorasi dindingnya dihiasi berbagai pernak pernik dapur.



Salah satu spot unik
Salah satu spot unik

Di lantai atas pun tak kalah ramai. Ada serombongan remaja putri sedang berkumpul mengenakan asesoris Miki Mouse. Di sisi lainnya tampak sepasang suami istri bersama dua anak lelakinya sedang sibuk menyuapkan potongan-potongan Cheese Cake ke dalam mulutnya. Pemandangan yang sukses membuat saya menelan liur.


Menu Ramadhan Gastromaquia 2018


Pelayan datang menemui saya, menjelaskan menu Ramadhan yang bisa saya pesan. Berikut menu-menu Ramadhan yang dikeluarkan Gastromaquia, Tempat Asyik Buat Buka Puasa Bersama, tahun 2018 ini.
                                                        
1. Meat ball sandwich
2. Chicken thigh with salad
3. Fettuccine with mix mushroom and creamy truffle sauce
4. Soto ayam gastro with rice
5. Gulai kikil and rendang with rice
6. Seafood eggy yolk with rice

Selain menu tersebut, ada lagi hidangan khas bernama Yu shang menu. Sebuah menu yang terdiri dari beberapa lauk
                                       
1.   Ikan teri 
2.   Tempe oreg 
3.   Oseng tahu dan kacang panjang
4.   Kentang balado
5.   Telur dadar iris
6.   Serundeng
7.   Tumis bawang 
8.   Tumis cabai 
9.   Tumis tomat
10. Kerupuk
11. Ayam goreng 
12. Ikan goreng


Menu Yu Shang


Menu Ramadhan Yu Shang ini memang lebih unik, bukan menu umum seperti yang ada di Gastromaquia. 

Menu ini lebih mirip menu bancakan atau padhangan *cmiiw


Yu Shang, menu Ramadhan Gastromaquia 2018

Saat pesanan Yu Shang datang, dalam hati saya bergumam, "ya elah, menu begini apa istimewanya? Di warteg juga banyak" *ehhh

Sang waiter mengingatkan saya untuk mengambil foto-foto, sebelum ia mengeksekusi menu ini "ibu foto-foto dulu aja penampilannya saat ini. Setelah itu kabari saya ya bu". Hadeuh, bawel amat sih, saya juga emang mau foto-foto kalik. *galaklagipms

Saya turuti aja lah saran sang pelayan. Foto-fotoin makanan yang baru datang dan belum diacak-acak. 

Setelah selesai foto, saya panggil sang waiter. Ia datang dengan mengenakan sarung tangan putih "saya aduk ya bu. Ini adiknya suka sambel nggak? Saya nggak usah campur aja ya tumis sambalnya".  

Kemudian sang waiter mulai sibuk menuangkan duo tumis, bawang dan tomat ke atas nasi, lalu mengaduk nasi secara perlahan menggunakan dua sendok nasi berukuran besar, hingga merata. Setelah semua tumis teraduk merata bersama nasi, ia pun pelan-pelan mencampur semua lauk yang ada di pinggir, teri goreng, balado kentang, oseng tempe, tumis kacang panjang, serundeng, dan telur dadar iris. 


Penampakan Yu Shang setelah diaduk

Saya terbengong-bengong, untuk apa sih diaduk-aduk segala, toh dimakan begitu aja sama rasanya, bakal teraduk di perut juga kog *ehh. Saya tanya donk "ngapain sih mas pakai diaduk-aduk segala?". Teman si waiter menjawab "supaya keluar rasanya bu. Kalau dua tumisan ini diaduk, nasinya jadi ada rasa, tidak hambar

Ok saya jadi penasaran, enaknya di mana sih. 


Saya mengambil beberapa sendok untuk saya cicipi. Saya suapkan sesendok nasi Yu shang yang telah diaduk merata ke dalam mulut.

"aih, tumisan bawang dan tomat yang diadukkan ke nasi, berpadu garingnya teri, lembutnya balado kentang, dan crunchynya tumisan kacang, membuat nasi yang dimasak dengan semi pera ini menjadi punya rasa yang gurih, asin, manis, berpadu dengan pas. Membuat saya ketagihan menyendokkannya lagi ke mulut, lagi, dan lagi"


Reservasi Ramadhan 2018


Buat teman-teman yang sedang mencari tempat untuk berbuka puasa bersama teman-teman atau keluarga, saya rekomendasikan banget deh Gastromaquia, Tempat Asyik Buat Buka Puasa Bersama, sudah 3 tahun berturut-turut masuk ke dalam rekomendasi Tripadvisor ke dalam 50 restoran terbaik ini.

Harga menu Yu Shang ini affordable banget, per pack hanya Rp 100.980 nett, minimal untuk 4 porsi seharga 403.920 nett. 

Khusus untuk menu Yu Shang, reservasi H-1 ya.

Info lebih lanjut bisa disimak di instagramnya @gastromaquia

Gastromaquia Jakarta

Jl. Ciniru I no 1, 

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telp 021 - 2930 5091

email : info@gastromaquia.com

www.gastromaquia.com

4 comments:

  1. Pertama baca aku kita bukan di indonesia 😁 untung ada nya di jakarta jadi ga usah jauh jauh ya mom, Soalnya berat di ongkos klo ke luar negeri ketimbang harga makanannya hehe 😂 aku suka bagian ini "aih, tumisan bawang dan tomat yang diadukkan ke nasi, berpadu garingnya teri, lembutnya balado kentang, dan crunchynya tumisan kacang, membuat nasi yang dimasak dengan semi pera ini menjadi punya rasa yang gurih, asin, manis, berpadu dengan pas. Membuat saya ketagihan menyendokkannya lagi ke mulut, lagi, dan lagi" jadi ikut ngebayangin haa

    ReplyDelete
  2. wah sudah persiapan buat ramadhan juga ya

    ReplyDelete
  3. Aku udah nyoba Yu Shang dan teryata enak nih makan ama keluarga, mbaa

    ReplyDelete
  4. wah, enak-enak nampaknya mbak makanannya.
    tempanya juga cozy, rekomen nih buat nanti bukber sama temen2 :)
    makasih infonya ya Mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa