Agoda

Wednesday, April 11, 2018

Jalan-jalan ke Sekretariat Kabinet, Launching Lomba #MenujuIndonesiaMaju

Pagi itu saya sudah sibuk sejak jam 4 pagi. Menyiapkan sarapan dan membuat kopi untuk suami. Setelah urusan dapur beres, kaki melangkah ke dalam kamar mandi. Udara dingin akibat hujan yang menyiram bumi semalaman tak terlalu saya rasakan.



Saya mengguyur segayung air dengan riang. Ahh, tak lama lagi saya akan bertemu orang-orang yang selalu dekat dengan presiden.

Sesaat keluar kamar mandi, saya malah bingung memilih baju batik. Bongkar-bongkar lemari, malah makin bingung. Sampai akhirnya saya yakin memilih batik pink dan celana blue navy.


Naik Kereta dari Sudimara


Setelah mengantar Falda ke sekolahnya, saya bergegas ke stasiun. Untung lah kereta jalur Serpong yang akan membawa saya, sudah berangkat dari stasiun Rawa Buntu. "Ah, sebentar lagi sampai", gumam saya dalam hati.

Selagi menunggu commuter line, saya cek tarif ojek online dari stasiun Tanah Abang menuju Majapahit. Ternyata ojek online langganan sedang membagikan voucher. Biaya perjalanan hanya 1000. Ahaaa. Angkot ke arah Harmoni 3000.

Singkat cerita. Bersama penumpang lain, saya mengikuti saja ritme yang selalu padat di hari Senin. Susah menggeser kaki dan tangan, apalagi buka-buka hp.

Saya sudah bersiap keluar dari gerbong 4 pintu kedua di sisi kiri. Tapi urung, penumpang berdesakan menuju tangga berjalan. Ahhh. Selalu begini. Berlomba mengejar tangga. Sikut-sikutan, dorong-dorongan. Teriakan petugas "yang di sisi kanan jalan, kalau mau santai, berdiri di sisi kiri" seolah tenggelam.

Jika sedang diburu waktu, saya biasanya akan ikut arus, berbaris tertib menuju elevator. Tapi, waktu di layar handphone baru menunjukkan pukul 8.15. Masih lama menuju pukul 10. Stasiun - Setkab hanya berjarak 3 Km, tak sampai 10 menit jika menggunakan motor.

Sampai di gate keluar, saya tap kartu dan bergegas menuju halte kapal api, Jati Baru. Halte yang biasa buat janjian dengan driver ojol.

Sialnya, driver ojol membawa saya ke pintu belakang sekretariat kabinet (setkab). Salah saya meletakkan posisi di sana. Terpaksa lah jalan memutari pagar gedung Setkab, dari pintu belakang Veteran, hingga pintu gerbang Majapahit. Lumayan, pagi-pagi sudah mandi keringat.

Launching Lomba Media Sosial


Setelah mengisi buku tamu dan bertanya lokasi acara, saya bergegas menyusuri jalan menuju gedung utama sekretariat kabinet. Ssst, di gedung ini banyak spot foto yang menarik dan instagramable ternyata *ehh. Ada berbagai ornamen dan penokohan wayang.

Ada beberapa gedung di dalam komplek sekretariat kabinet ini. So, kalau masuk ke sini memang harus jelas dulu mau ketemu siapa dan ke gedung mana. Salah masuk gedung aja udah pasti bikin bingung.

Tepat pukul 10, acara dimulai. Sekretaris Kabinet, pak Pramono Anung memasuki ruang acara. Saya dibuat takjub dan terkaget-kaget. Beliau sendiri yang meresmikan dan mempresentasikan acara! Wuaaah.

Sekretaris kabinet (tengah), Pak Pramono Anung, meresmikan Lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju
Sekretaris kabinet (tengah), Pak Pramono Anung, meresmikan Lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju


Menurut Pak Pramono Anung, untuk #MenujuIndonesiaMaju, ada 4 beberapa hal yang dilakukan pemerintah untuk menuju percepatan pembangunan, mulai dari perbaikan infrastruktur, pembuatan paket kebijakan ekonomi, hingga deregulasi bagi pertumbuhan investasi. Fokus pada perbaikan insfrastruktur ini memang terlihat sekali dimana-mana. Mulai Aceh sampai Papua terlihat sibuk dengan berbagai pembangunan insfrastruktur di mana-mana.

Ga usah jauh-jauh deh, ga jauh dari sekolah Falda aja akan dibangun tol. Padahal dulu ga kebayang daerah sekolahan ini akan berada sebegitu dekat dengan proyek pembangunan tol. Trus, ga jauh dari stasiun Sudimara, beberapa SD negeri dibongkar total, dibangunkan gedung megah bertingkat tiga! Subhanallah. Saya bahagia dan bangga sekali melihat gedung sekolah yang megah itu berdiri di tengah-tengah kampung. Dulu ga kebayang gedung sekolah yang kumuh itu akan jadi semegah sekarang.


Kalau dulu saudara-daudara kita di Papua sana tak pernah protes walaupun harus membeli bensin seharga 100rb per liter. Kini mereka sudah bisa menikmati harga BBM yang sama dengan saudara-saudaranya yang di Pulau Jawa, saudara yang sedikit-sedikit protes BBM naik *ehh kabur ahh.

Berbagai bendungan dibangun, jalan tol, jalan lintas provinsi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua, terus dibangun. Pos Batas Lintas Negara (PBLN) yang dulunya kumuh dan sangat tidak representatif sebagai pos batas negara, kini dibangun megah, sebagai cermin dan harapan bahwa Indonesia sudah semaju pos batas tersebut *cmiiw.

Nah, masih banyak hal-hal lain yang terus diupayakan pemerintah demi #MenujuIndonesiaMaju. Apa saja hal yang ada di sekitar kalian guys yang sudah berkembang sejak era Presiden Jokowi ini?

Yuk, coba tuangkan hasil pengamatan dan reportase kalian dalam bentuk kultwit atau video reportase sederhana di twitter dan instagram. Ada hadiah jutaan lho bagi pemenangnya. Asyik ga tuh?

Dalam rangka menumbuhkan semangat #MenujuIndonesiaMaju, Sekretariat Kabinet mengadakan lomba di berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, sampai Blog. Total hadiahnya hingga 107 juta rupiah lho, disupport Bank Mandiri pulak. Duh, keren banget.

Tema utama lomba adalah #MenujuIndonesiaMaju. Membidik hal-hal yang berhubungan dengan dampak kebijakan yang telah dilakukan pemerintah terkait program prioritas di bidang maritim, energi, pangan, pariwisata (antara lain : insfrastruktur, konektivitas, kemaritiman, ketahanan pangan, pendidikan, perumahan & pemukiman, ketahanan energi, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, pembangunan wilayah, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, dan polhukkam)


Lomba Twitter



Lomba Twitter sudah berjalan sejauh ini, mulai berbagai kuis-kuis ringan yang ada tiap hari atau beberapa kali dalam seminggu, ga tentu deh, kejutan munculnya. So, supaya ga ketinggalan, follow aja twitternya ya @setkabgoid.

Selain kuis harian, ada juga lomba kultwit atau chirpstory yang berhadiah 1 juta untuk 3 pemenang, tiap bulan. Peserta cukup melakukan kultwit dan menuliskan tentang kemajuan apa yang sudah dicapai Indonesia atau daerah di sekitarnya menggunakan hashtag #MenujuIndonesiaMaju.

Lomba Instagram


Nah untuk lomba instagram, ada dua macam, kuis teka teki silang yang akan muncul di awal minggu kedua. Follow akun instagram @sekretariat.kabinet supaya bisa memantau munculnya kuis ini pada waktunya ya.


Selamat siang! Yuk, ikuti lomba medsos #MenujuIndonesiaMaju __ Isilah kolom menurun (2 sampai dengan 10) dengan " NAMA DEPAN" Menteri Kabinet Kerja. __ Tulis jawabanmu di bagian comment dengan format: (2)Jawaban(3)Jawaban(4)Jawaban(5)Jawaban(6)Jawaban(7)Jawaban(8)Jawaban(9)Jawaban(10)Jawaban(SPASI)#MenujuIndonesiaMaju(SPASI)#setkab0201 __ Jawaban akan ditunggu hingga Kamis 12 April 2018 Pukul 24:00. Pengumuman akan diumumkan pada hari Jumat 20 April 2018. Baca dan lengkapi persyaratan lombanya agar kamu bisa jadi pemenang. Untuk bukti screen shoot telah mem-follow akun setkab, dapat dikirimkan via Direct Message. 3 orang Pemenang akan mendapatkan tabungan, masing-masing senilai Rp. 1.000.000 (pajak ditanggung sponsor). . Untuk keterangan lebih lanjut dapat menggeser foto berikutnya. Dan untuk Data yang dibutuhkan, bisa mengunjungi www.setkab.go.id/menujuindonesiamaju
A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet) on


Selain kuis teka teki silang, lomba instagram juga memberikan kesempatan untuk membuat video reportase/vlog 1 menit dengan menyertakan hashtag #MenujuIndonesiaMaju, Judul reportase. Jangan lupa tag akun instagram @sekretariat.kabinet ya.

Hadiah untuk video reportase ini lumayan nih, masing-masing akan mendapat 1 juta rupiah untuk 3 orang pemenang, setiap bulan! Wohoo, musti ikut.

Lomba Facebook


Lomba ringan dan paling sederhana ada di facebook, mengisi teka teki silang dan mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden atau Seskab.





Info selengkapnya di akun www.setkab.go.id

Lomba Youtube


Nah, lomba yang satu ini pasti menarik banget nih buat Youtuber atau Vlogger. Lomba yang akan diadakan 2 periode ini, Mei-Juli 2018, dan Oktober - Desember 2018 ini akan mengajak para youtuber atau vlogger menuangkan karya mereka dalam bentuk Vlog atau Film pendek.

Vlog bisa berupa video reportase pembangunan insfratruktur di Indonesia dan manfaat pembangunannya bagi masyarakat. 

Film pendek bercerita tentang program prioritas pemerintah (maritim, energi, pangan, pariwisata)

Masing-masing vlog atau film pendek yang ditayangkan di akun youtube peserta harus mencantumkan link youtube setkab ya, https://www.youtube.com/sekretariatkabinetRI. Durasi maksimal hanya 5 menit. Jdulnya harus mengandung hastag #MenujuIndonesiaMaju-Judul Vlog/film pendek, plus tagar tambahan #PembangunanMaju

Hadiah untuk lomba ini tak tanggung-tanggung. Juara 1 film pendek akan diganjar 10juta, juara 2 6juta, dan juara 3 akan mendapat 3 juta. Wuihiii, kece ya, sedang juara lomba vlognya akan mendapat hadiah setengah dari pembuat film. Juara 1 5 juta, juara 2, 3 juta, dan juara 3, 2 juta. Mantab!

Lomba Blog

Yihaaa, ini dia yang dinanti blogger, lomba Blog. Sayang periodenya masih lama, Juli - September 2018. So, sabar-sabar aja sampai diumumkan kembali ya guys. Kumpulkan aja dulu bahan dan materi penulisannya. Ga jauh-jauh dari tema lomba yang lain kog. Prinsipnya tentang #MenujuIndonesiaMaju.

Hadiah utamanya mulai dari 3 juta rupiah, sampai 1 juta rupiah untuk pemenang ke tiga. Asyik kan?

Tunggu tanggal mainnya ya guys.

So. Begitulah petualangan saya hari ini, jalan-jalan ke gedung sekretariat kabinet, ketemu sekretaris kabinet pak Pramono Anung, ngobrol-ngobrol dan seru-seruan bareng teman-teman blogger, dan foto-foto seru di berbagai spot kece *ehhh.

Saya dan beberapa teman blogger menyempatkan foto-foto di spot ini sebelum pulang, keren kan? (foto : Diah Woro)





1 comment:

  1. banyak juga lombanya ya, yang di Instagram seru tuh seperti TTS di koran hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa