Agoda

Tuesday, July 17, 2018

Selain Malioboro, Coba Wisata Belanja di Jogjakarta Ini

Yogyakarta nggak bisa lepas dari Malioboro. Ruas jalan dengan penataan yang sangat indah ini selalu menjadi tujuan tempat wisata di Jogja yang paling utama. Mulai dari pedagang oleh-oleh pakaian sampai makanan bisa kamu temukan di “pusatnya” Yogyakarta ini.
Tapi untuk berburu oleh-oleh di Kota Gudeg, sebaiknya jangan cuma mengandalkan Malioboro. Ada banyak tempat yang wajib dikunjungi. Selain punya koleksi barang yang menarik, surga-surga belanja tersebut juga menawarkan harga beli yang menggiurkan.

Untuk yang punya rencana liburan musim panas sambil jalan-jalan menyusuri tempat wisata di Jogja, berikut adalah daftar surga belanja yang wajib dikunjungi. 


Pasar Beringharjo



Pasar Beringharjo (sumber: maioloo.com)
Pasar Beringharjo (sumber: maioloo.com)


Melintasi Malioboro mungkin cukup sering. Tapi sempatkah dirimu masuk ke Pasar Beringharjo? Berdiri sejak tahun 1758, Pasar Beringharjo seakan menjadi ‘tulang punggung’ yang menjalankan roda perekonomian masyarakat Jogja. Dari dulu sampai sekarang, para pedagang di dalam pasar ini menawarkan dagangan pakaian, terutama batik, dijual dengan harga yang sangat miring. Buat pecinta batik, Pasar Beringharjo adalah tempat wisata di Jogja yang nggak boleh kamu lewatkan.

Pasar Maling



Pasar Maling (sumber: gudeg.net)
Pasar Maling (sumber: gudeg.net) 



Namanya cukup seram, tapi jangan bayangkan pasar ini banyak maling atau copetnya. Julukan yang melekat pada Pasar Klithikan ini semata karena ada anggapan bahwa barang-barang curian bisa ditemukan di pasar ini. Terlepas dari anggapan tersebut, Pasar Klithikan atau Pasar Maling ini merupakan tempat yang pas untuk berburu barang langka. Bahkan ada onderdil-onderdil yang diperlukan oleh motor-motor antik di pasar ini.

Manding


Manding (sumber: hiddenjogja.wordpress.com)
Manding (sumber: hiddenjogja.wordpress.com)

Manding adalah pusat kerajinan kulit di bagian selatan Yogyakarta, tepatnya di Jalan Parangtritis kilometer 11, Bantul. Berbagai barang, terutama fashion, yang terbuat dari kulit, dari harga yang murah sampai termahal, bisa kamu temukan di sini. Mulai dari dompet, tas, sepathu, hingga jaket keren! Jangan lupa, tawar harga sebelum membeli. Biar bisa mendapatkan barang dengan harga yang bikin dompet nyaman.

Kasongan


Kasongan (sumber: ANTARA FOTO/Andreas Fitri)
Kasongan (sumber: ANTARA FOTO/Andreas Fitri)


Kasongan merupakan tempat wisata di Jogja yang sangat populer. Sebuah desa yang dikenal berkat kerajinan gerabah yang luar biasa. Terdapat sebuah sentra, tempat di mana para pedagang gerabah khas Kasongan berkumpul dan menawarkan produk mereka. Mulai dari guci, patung, dan berbagai souvenir lain dari tanah liat bisa kamu temukan di sini.



Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet (sumber: visitingjogja.com)
Desa Wisata Krebet sumber: visitingjogja.com
 
Kalau sudah puas keliling Jogja, apalagi sekarang bisa kemana saja dengan tiket wisata Traveloka, waktunya untuk belanja oleh-oleh yang nggak biasa. Coba datang ke Dusun Krebet, Bantul. Di tempat ini ada banyak warga yang jadi pengrajin batik kayu. Jadi intinya, mereka membuat batik dengan medium kayu. Hasilnya? Luar biasa! Batik yang selalu identik dengan kain bakal kamu lihat dengan cara yang beda.

Barang-barang yang dihasilkan sentra kerajinan beraneka ragam. Ada topeng, wayang dan patung kayu, gantungan kunci, cermin, kotak perhiasan, dan masih banyak lagi. Pas banget buat yang lagi nyari souvenir buat oleh-oleh atau pernikahan. Proses pembuatannya juga bisa dilihat sendiri, gak jauh beda dengan pembuatan batik kain. Oh iya, pernak-pernik hasil kerajinan batik kayu ini juga sudah merambah pasar mancanegara lho.



Desa Banyusumurup


Desa Banyusumurup (sumber: gudeg.net)
Desa Banyusumurup sumber: gudeg.net


Siapa sih yang gak kenal keris? Senjata tradisional dari Jawa ini sudah terkenal di mana-mana, kamu bisa melihatnya menghiasi film-film silat lokal, upacara adat Jawa, bahkan sampai game dari mancanegara. Nah, di Yogyakarta, sentra kerajinan keris terletak di Desa Banyusumurup, Imogiri, Bantul.

Perajin keris di desa Banyusumurup ini memproduksi bilah keris koden atau keris yang berfungsi sebagai hiasan serta aksesorisnya, seperti warangka (sarung) dan gagangnya. Seni kerajinan keris ini diturunkan oleh Empu Djiwo Diharjo, pemilik sanggar penempa keris yang mendapatkan ilmu turun temurun dari ayahnya. Dari tangan Mbah Djiwo inilah tercipta keris pusaka yang terkenal di kalangan bangsawan dan petinggi dari dalam dan luar negeri.

Dengan banyaknya tempat wisata di Jogja khusus untuk belanja, dan mal-mal yang tersebar di seantero kota, gak muluk-muluk kalau Jogja disebut sebagai surganya wisata belanja. Jadi, kamu pengen belanja apa nih?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa