Saturday, September 22, 2018

Bertualang ke Kota Savasa Deltamas, Cikarang

Siapa yang tak senang kalau  diajak jalan-jalan? Apalagi kalau kota yang akan dijelajah itu, belum pernah dijejak sama sekali. So, saya begitu bersemangat ketika diajak bertualang ke kota Savasa Deltamas, Cikarang. Huaaaa, seperti apa sih wujud kota yang dikelilingi area industri ini?

Rasa penasaran membuat saya begitu bersemangat berangkat pagi-pagi buta, saat yang lain masih bergelung nyaman di kasurnya.

Sabtu, 15 September 2018, sebelum subuh saya sudah bersiap-siap berangkat menuju meeting point di daerah Thamrin, Jakarta Pusat. Untungnya suami sedang berbaik hati mengantarkan langsung menuju stasiun kereta. So, ga perlu kedabrukan. Tapi tetap aja ketinggalan kereta dan terpaksa menunggu 15 menit jadwal berikutnya.

Setelah sampai di Stasiun Tanah Abang, babang ojek online langsung mengantar saya menuju Gedung Sinarmas land. Saat menunggu proses top up saldo, eh bus pertama yang menuju Cikarang berangkat. Hua, ketinggalan kloter pertama.

Untung lah masih ada bis kedua. Bis ini berisi para blogger dan rekan media. Alhamdulillah disuguhi sepotong roti dan sebotol Pristine 8+ keluaran Sinarmas. Kebetulan memang belum sarapan. 

Setelah dirasa lengkap, bis pun berjalan menuju Marketing Gallery Savasa Deltamas, di Cikarang. Sepanjang jalan, dijelaskan tentang konsep Savasa Deltamas yang akan dikunjungi.

Marketing Gallery Savasa Deltamas
Marketing Gallery Savasa Deltamas

Opening Ceremony Marketing Gallery Savasa Deltamas


Tepat pukul 10.30, bis akhirnya sampai di lokasi acara pembukaan Marketing Gallery Savasa Deltamas. Acara Opening Ceremony yang diadakan dalam sebuah tenda besar ini penuh sesak dengan pengunjung, saya pun menyaksikan sambil berdiri. Angklung dari SMK Mitra Industri mengawali acara opening ceremony pagi itu. Lanjut atraksi tabuhan beduk khas Jepang oleh Benteng Taiko. 

Setelah atraksi pembuka, sambutan pertama diserahkan kepada President Director PT PanaHome Deltamas Indonesia (PHDI) yang juga merupakan President Director PT Panasonic Homes Gobel Indonesia, Kazuhiko Tanaka. Menurut Mr. Tanaka, Panasonic Homes sudah berpengalaman lebih dari 54 tahun dalam membangun rumah dengan konsep teknologi canggih, mulai dari Taiwan, Malaysia, dan kini Indonesia.

Setelah berbagai sambutan, acara ceremonial berupa penanaman pohon dan pengguntingan pita tanda dibukanya Marketing Galery Savasa Deltamas pun dilakukan tepat di depan show unit Savasa.

Pengguntingan Pita Menandai Pembukaan Marketing Gallery Savasa Deltamas
Pengguntingan Pita Menandai Pembukaan Marketing Gallery Savasa Deltamas

Keliling Show Unit Savasa Deltamas


Awalnya, para blogger akan dibagi per 5 orang untuk diajak menjelajah show unit Savasa. Namun, mengingat siang yang terik dan waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya kami bersama-sama mengunjungi 2 type show unit yang ada. 


Desain Ruang Tamu rumah di Savasa Deltamas
Desain Ruang Tamu rumah di Savasa Deltamas

Type A dengan 2 kamar tidur, luas bangunan  64m2 (6x11 atau 6x12) dan luas lahan 66m2. 

Type B dengan 3 kamar tidur, luas bangunan 80m2 (7x12 atau 7x13) dan luas lahan 84m2. 

Kedua unit ini sama-sama bertingkat, dilengkapi carport, taman, dapur, ruang tamu, dan 2 kamar mandi, atas dan bawah.






Savasa akan dibangun dengan 4 konsep dasar
1. Smart Township
2. Smart Security
3. Smart Home
4. Smart Community 





Sematan Teknologi Dalam Rumah Savasa


Savasa yang mengadopsi tagline Smart Lifestyle ini merupakan hasil kerjasama antara Sinarmasland dan Panasonic Homes & Living. Konsep hunian yang ditawarkan pun dilengkapi piranti canggih dari Panasonic. 

Semua rumah di Savasa akan dilengkapi Panasonic Home Network System yang terdiri dari 2 indoor & outdoor CCTV kamera. 1 hub, 1 motion sensor, 1 window/door sensor, 1 smart plug dan 1 Digital Cordless Phone. 

Salah satu bagian dari Panasonic Home Network System
Bagian dari Panasonic Home Network System, speaker untuk berbicara dengan orang luar

Semua piranti canggih ini akan memberikan perasaan aman kepada penghuni Savasa. Mereka bisa melakukan kontrol rumah dari mana pun. Memantau anak-anak melalui CCTV yang terkoneksi dengan smartphone saat tidak sedang berada di rumah. Jika ada orang asing pun bisa dipantau dari dalam, tak harus mengintip keluar. Penghuni bisa bertanya dengan calon tamu melalui CCTV yang bisa berbicara *cmiiw.

Melengkapi konsep Smart Security, Savasa hanya memberikan akses 1 pintu dengan pos penjagaan. Khusus pengiriman barang bagi penghuni, akan disediakan area khusus delivery dropbox.

Konsep Smart Home juga tercermin pada Panasonic PURETECH Air Filtration & Ventilation System, udara di dalam ruangan akan jauh lebih bersih, tanpa perlu air purifier. Teknologi ini menyaring 97% debu dan partikel berbahaya yang memasuki rumah. Sangat nyaman dan sehat bagi penghuni Savasa, yang mempunyai alergi debu atau menderita asma sekali pun.

Penerapan desain cross ventilation akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah jauh lebih lancar dan sejuk, walau tanpa AC. So, tak perlu menghidupkan AC selama 24 jam.

Agar makin hemat energi, seluruh penerangan di Savasa akan menggunakan Panasonic Low Energy LED Lighting. Lampu-lampunya pun didesain bisa terkoneksi dengan smartphone. So, bisa dinyalakan dari mana saja.

Berhubung Indonesia merupakan negara yang rawan gempa, teknologi rumah tahan gempa yang biasa digunakan di Jepang pun diadopsi. Panasonic POWERTECH yang tahan gempa pun diterapkan pada rumah-rumah di Savasa Deltamas.

Akses Menuju Savasa Deltamas


Savasa ini terletak di jantung kota Deltamas dengan total luas lahan yang akan dibangun sekitar 37 hektar. Tahap pertama akan menggarap lahan seluas 13 hektar yang dibagi menjadi 4 cluster : Asa, Niwa, Hana, dan Yuta. Nantinya akan dibangun 811 hunian dan 33 area rumah toko. Konsep green environment akan menjadi hal yang diutamakan, selain modern live. So, walau berada di area industri yang terkenal panas, tapi area Savasa Deltamas akan ditanami banyak pohon. Berjalan-jalan di sekelilingnya akan menjadi sangat menyenangkan. Udaranya segar dan sejuk. 

Bisa ditempuh dengan menggunakan mobil melalui tol cikampek exit 37. Akan dibangun exit 41,6 yang akan lebih dekat ke Savasa. Bagi penggemar commuter line seperti saya, bisa turun di stasiun Cikarang, lanjut ojek online sekitar 15 km. 

Nantinya, Savasa juga akan dilewati kereta jalur cepat Jakarta Bandung. Stasiun terdekat, Karawang, hanya berjarak sekitar 1 Km saja, tak sampai 5 menit. Bandara Halim berjarak sekitar 37 Km dari Savasa. Sementara Bandara Kertajati yang baru saja diresmikan, berjarak 130 km.

Acara Hiburan


Setelah puas menjelajah Show unit Savasa, kami disuguhi makan siang, lalu bersiap melaksanakan sholat Dzuhur. Acara dilanjutkan dengan rangkaian hiburan, mulai dari permainan angklung kembali oleh SMK Mitra Industri. 

Berikutnya, hadir Ica Zahra, perempuan muslim berhijab dengan style Kimono modern, membawakan beberapa lagu Jepang populer. Ica merupakan mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan S2 di Jepang. Saat itu, Ica mengikuti lomba karaoke nasional yang sedang diadakan di Jepang, dan menang. Sejak itu, Ica sering mengadakan konser yang hampir selalu dipenuhi pengunjung.

Sebagai pamungkas, tampil lah Hiroaki Kato, penyanyi cover lagu Indonesia versi Jepang yang sudah 4 tahun ini menetap di Indonesia. Hiroaki sangat fasih berbahasa Indonesia hingga didaulat menjadi salah satu MC sepanjang acara opening ceremony. Hebatnya, cara Hiroaki berbicara sudah sangat Indonesia *ehhh. Hampir sulit mengenali logat Jepangnya.

Penampilan Hiroaki Kato Saat membawakan Lagu Meraih Bintang versi Jepang
Penampilan Hiroaki Kato Saat membawakan Lagu Meraih Bintang versi Jepang


Tour Kota Deltamas


Setelah hiburan, para blogger pun diajak berjalan-jalan, mengelilingi kota Deltamas Cikarang. Whuaaa, beneran hari itu kami puas ikut tour.

Melalui bis, kami ditunjukkan area-area industri di kota Deltamas. Ada pabrik Mitsubishi, Wuling, Honda, Suzuki, hingga pabrik Mayonaise asal Jepang, Kewpie. Saya sampai terbengong-bengong menyaksikan ratusan mobil yang ada di areal pabrik Mitsubishi. Pabrik Wuling bahkan jadi base ekspor untuk wilayah Asia.


Memandang area pabrik mobil dari dalam bis
Memandang area pabrik mobil dari dalam bis

Beberapa tahun ke depan akan dibangun sekolah Jepang yang sebelumnya cuma ada di Bintaro. Memang, beberapa Industri yang ada di kota Deltamas berasal dari Jepang. Tentu banyak ekpatriat asal Jepang. Ini membuat kebutuhan akan sekolah khusus dari pemerintah Jepang pun meningkat.

Prospek bagus? 

Banyak ekspatriat Jepang atau ekspatriat asing lain yang akan tinggal atau menyewa rumah di seputar Savasa Deltamas. Hmm, peluang investasi nih. Beli unit rumah di SAVASA, lalu jual kembali? Atau disewakan? *hm, usap-usap dagu.

Melengkapi konsep Smart Township dan Smart Community, di area Deltamas juga akan dibangun Aeon Mall yang konon jadi mall terbesar seAsia Tenggara, luasnya hampir 20 hektar. Wow, Aeon Mall BSD aja 10 hektar, udah terasa besar banget, apalagi 20 hektar. Rumah sakit pun akan hadir, salah satunya RS Mitra Keluarga.

Fasilitas pendidikan pun sudah ada di Deltamas, ITSB, Institut Teknologi Sains Bandung, Sekolah Korea (TK-SMA), SMK Ananda Mitra Industri, Pangudi Luhur Bernardus (TK-SMA). 

Oh ya, yang unik dari ITSB adalah dosen-dosennya langsung didatangkan dari ITB Bandung. Mereka diantar jemput saat perkuliahan. Mata kuliah dan jurusan yang ada, disesuaikan dengan kebutuhan industri yang ada di Cikarang. Jadi beda dengan perguruan tinggi lainnya. Keren ya?

Selain itu, ada juga Deltamas Sport Centre dan Le Premiere Hotel.

Puas berkeliling kota Deltamas yang luas dan modern, saatnya pulang kembali ke Jakarta dan menuju rumah masing-masing. Walau lalu lintas menuju Jakarta sore itu padat sekali, tapi kami puas sudah seharian bertualang ke kota Savasa Deltamas, Cikarang. Jadi tak sabar menunggu kota ini jadi sepenuhnya. Pasti bakal keren dan modern. Sejuk, dan segar. Aman, dan nyaman. Ah, hunian impian.

7 comments:

  1. halo kak saya mau tanya, naik bis SAVASA untuk ke PT. Puradelta lestari, Tbk gimana caranya ya? soalnya saya besok mau ke sana tapi bingung trasnportnya kalau naik bis savasa. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Hi!!! Ibu Maya, terima kasih sudah menyempatkan waktu dan space blog nya untuk SAVASA, dan terima kasih juga telah menyempatkan waktu untuk menghadiri Acara Opening Ceremony SAVASA Marketing Gallery dan Show Unit kami di Kota Deltamas pada tanggal 15 September 2018 yang lalu. Jika Smart People ingin tahu lebih lanjut tentang SAVASA, silahkan menghubungi Marketing Gallery kami di nomor 021-899-15888 (Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi) atau lsg ke Sales Supervisor kami, sdr.Andry Heryandi di HP 0813-1842483

    ReplyDelete
  3. Kolaborasinya keren ya mbak, panasonic bener-bener support rumah Savasa ini, jadi keren banget udah lengkap gitu

    ReplyDelete
  4. Speaker buat bicara sm tamu, keren bgt

    ReplyDelete
  5. Konsepnya bagus ya mba may ini. Aku gemes �� wah brangkat pagi2 tapi puas ya lihat rumah keceee

    ReplyDelete
  6. Keren kerjasama dengan panasonic. Keamanan dan kenyaman di ciptakan dari kita dan di dukung teknologi.

    Cikarang savana hunian impian

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa