Agoda

Monday, January 14, 2019

10 Alasan Berkunjung ke Jogja

Siapa yang tak kenal Jogja? Salah satu kota yang menjadi tujuan wisata favorit di pulau Jawa. Kota pelajar yang penuh kenangan bagi yang pernah menempuh pendidikan di sini. Tak heran jika kota ini selalu ramai di musim liburan.





Akses Transportasi Menuju Jogja


Apalagi akses transportasi menuju Jogja sangat banyak. Jogja bisa ditempuh dengan moda transportasi apa saja. Tergantung moda transportasi yang paling disukai. Sesuai budget, tingkat kenyamanan dan kepraktisan yang diinginkan.

Bisa memilih menggunakan kereta api dari berbagai kota di Pulau Jawa. Bisa juga ditempuh dengan menggunakan bus, baik bus umum, atau bus carter. Misalnya Bus Semarang Jogja atau bus-bus dari daerah lain yang menuju Jogja.

Kalau punya kendaraan pribadi, mungkin lebih enak lagi, bisa pergi ke Jogja beramai-ramai bersama teman atau keluarga menggunakan mobil pribadi atau mobil rental. Apalagi sejak Tol Trans Jawa sudah terhubung sepenuhnya mulai dari Merak sampai Banyuwangi, makin nyaman deh jalan darat menggunakan jalur tol.

Jika teman-teman hanya punya waktu yang terbatas dan ingin buru-buru sampai di Jogja, ya bisa memilih menggunakan jalur udara, naik pesawat. Gampang banget kan?

Kalau disusuri lebih lanjut, ada banyak banget alasan yang membuat kita ingin mengunjungi Jogja.

10 Alasan Berkunjung ke Jogja


1. Kota yang masyarakatnya masih memegang teguh adat dan budaya. Masyarakat Jogja sulit dipisahkan dengan berbagai tradisi. Mulai sekaten, 1 Suro, dsb.

Masyarakat Jogja juga dikenal sangat ramah. Tak segan membantu dengan ikhlas. Coba lah bertanya atau minta ditunjukkan sebuah lokasi ke masyarakat Jogja, tak segan-segan mereka akan menunjukkan bahkan menemani, hingga menemukan lokasi yang dimaksud. Keramahan khas Jogja ini bisa membuat "tamu" betah dan selalu ingin kembali.

2. Jogja punya Keraton yang masih ditinggali keluarga Sultan Jogja dan sering menggelar acara-acara seremonial Kerajaan. Acara seremonial ini biasanya menarik banyak wisatawan. 

Turis-turis lokal hingga turis asing sangat menyukai seremonial yang digelar kerajaan. Ya, maklum lah, acara seremonial seperti ini kan tak setiap hari diadakan. So, saat agenda event, pasti jadi menarik.

3. Jogja punya wisata kuliner yang tak habis-habis untuk dieksplore. Mulai jelajah kuliner khas Jogja, Gudeg, hingga kuliner Jogja lain yang belakangan muncul dengan bermacam inovasinya. 

Beberapa kuliner Jogja kekinian bahkan masuk ke dalam setting beberapa film nasional seperti Ada Apa Dengan Cinta.

4. Jogja punya banyak candi bersejarah yang jadi warisan budaya dunia dan menarik untuk dikunjungi seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Kalasan, Plaosan, hingga Candi Ratu Bokor yang belakangan mulai dikenal karena kecantikannya saat sunset.

5. Jogja punya oleh-oleh khas yang hanya bisa didapat di Jogja. Sebut saja Bakpia Pathok yang memang khas Jogja. Sekarang muncul berbagai inovasi oleh-oleh, seperti bakpia kukus

6. Jogja juga menjadi salah satu kota tujuan wisata belanja. Sssst, buat orang-orang yang memang doyan belanja, Jogja ini juga bisa jadi surga belanja loh. 

Mulai belanja benda batik, hingga jajan barang antik. Teman saya pernah sengaja ke Jogja cuma untuk berburu benda antik. 

Ada pusat-pusat penjualan batik, atau bisa ke sentra-sentra pembuatannya.

7. Biaya hidup dan jajan di Jogja murah. Hahaha. Yap, ini salah satu alasan yang membuat orang betah berlama-lama tinggal di Jogja. Bahkan memperpanjang masa liburnya. 

Budget kulinernya bisa ditekan. Nyari jajanan atau makanan kaki lima under 10rb masih mudah. Lantas aku jadi kangen sama jajan pasarnya, huhuhu.

8. Jogja punya banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Mulai Parangtritis yang familiar, Pantai Indrayanti yang mulai naik daun, hingga Pantai Glagah atau Pantai Depok yang mulai dikenal.

9. Jogja punya banyak wisata alternatif dan kekinian. Hampir tiap tahun ada saja destinasi baru muncul di Jogja. Misalnya museum de Mata, Taman Pintar, dsb.

10. Mau cari udara dingin dan bernuansa pegunungan di Jogja juga bisa. Melipir lah ke daerah Ungaran yang sejuk. 

Bisa juga melipur ke area lereng Merapi kalau suka uji nyali *ehhg. Waspada dan pantau selalu BMKG ya guys, maklum lah, Merapi merupakan salah satu gunung yang masih aktif.

Hm, masih banyak lagi alasan yang membuat kita pengen banget mengunjungi Jogja.

Hayooo, siapa yang selalu ingin ke Jogja?

Kla Project aja sampai membuat lagu khusus tentang Jogja

"Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu. Tiap sudut menyapamu bersahabat. Penuh selaksa makna."

Bagi teman-teman, apa yang membuat kalian selalu ingin datang dan betah di Jogja?

3 comments:

  1. Jogja emang murah sih kulinernya...wisatanya juga banyaaakkk...makanya kota jogja selalu dirindukan :)

    ReplyDelete
  2. Jogja emang destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi orang yang mengaku traveler hehehe
    Btw blognya sudah saya follow,,follow balik ya,,

    ReplyDelete
  3. Kalau alasan saya harus berkunjung ke jogja karena biasanya saya cuma lewat saja,,,,kebetulan kampung halaman saya di solo dan saya tinggal dibandung,,,tiap mudik cuma lewat aja wkwkwk,,,tapi alhamdulilah lebaran kali ini saya bisa kesana hehehe,,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa