Agoda

Sunday, May 19, 2019

Halal Park, Tujuan Baru di Tengah Jakarta

Yuhuuu, minggu lalu saya berkesempatan nih datang ke sebuah tujuan wisata baru di tengah Jakarta, Halal Park, yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 16 April 2019 lalu.


Halal Park di waktu malam

Mendengar kisah di balik pendirian Halal Park ini seru juga. Ceritanya, sudah sejak lama (sekitar 3 tahunan) nih Pak Jokowi diminta oleh para pengusaha muda muslim. Mereka berharap ada sebuah kawasan halal di Indonesia seperti yang ada di beberapa negara. 

Pak Jokowi tak langsung mengabulkan karena berbagai pertimbangan. Belakangan, desakan untuk membentuk kawasan wisata dan wilayah ekonomi halal pun kian banyak. Akhirnya Pak Jokowi menunjuk Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno, untuk mewujudkan keinginan teman-teman pengusaha muslim tersebut.

Ibu Rini pun ga pakai lama, langsung gerak cepat menunjuk beberapa perusahaan BUMN untuk mewujudkan permintaan Presiden tersebut. Wika yang ditunjuk untuk membangun infrastrukturnya pun gerak cepat juga. Cuma dalam waktu 2 hari sudah jadi. Ya ampun, udah kayak proyek Roro Jonggrang!

So, jadi lah sebuah kawasan halal di area parkir Gelora Bung Karno, Senayan. Lokasinya dekat pintu masuk seberang Hotel Mulia, dekat arena Basket Senayan. 

Berhubung semuanya jadi dalam waktu singkat, beberapa tenant justru belum siap betul dengan system yang ada. Promosi juga masih belum maksimal, malah sepertinya belum banyak yang tahu soal lokasi Halal Park ini kan?

Saya termasuk beruntung akhirnya bisa tahu kawasan Halal Park berkat acara yang diadakan oleh BNI, Kelas Kreatif, yang diadakan hampir tiap hari di kawasan Halal Park.

Selasa, 14 Mei 2019 lalu diadakan kelas kreatif yang mengundang adik-adik dari SMK Bistek Bekasi yang merupakan salah satu sekolah menengah yang mendapat kesempatan untuk mengikuti program Aku Saudagar Muda dari BNI. Sebuah program yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat wirausaha sejak dini. Para peserta yang kebanyakan adalah siswa sekolah menengah diberikan pelatihan berbisnis. Siswa mereka diberikan pelatihan sekaligus pendampingan. Sebagai langkah awal untuk praktek, para siswa belajar menjadi reseller beberapa produk UMKM. (sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2018/11/13/cetak-siswa-smk-berjiwa-bisnis-bni-rintis-aku-saudagar-muda)


Add caption

Nah, kelas kreatif yang diadakan di Halal Park sore itu masih dalam rangka menguatkan program Aku Saudagar Muda. Materi hari itu adalah "Berbisnis Out of The Box di Era Global" dengan pembicara Akbar Al Kautsar (Aldo), Owner MooNyusu dan Selly Hadiyati, pemilik sebuah brand fashion muslim.

Aldo mengemukakan materi dan semangat pantang menyerah. Menurutnya, setiap orang punya jatah gagal. "Maka habis kan lah jatah gagalmu itu". Tak ada satu bisnis pun di dunia ini yang langsung berhasil. Semua pasti pernah mengalami kegagalan. Justru dari kegagalan lah kita bisa banyak belajar. So, jangan pernah takut gagal, terus lah berusaha, sampai berhasil! Jika ada bisnis yang mirip, buat lah pembeda. Buat orang merasa, saya harus belanja ke sana.

Selly memberikan tambahan materi tentang endorsement. Pada dasarnya endorse itu berarti mendukung. Jadi, tujuan diberikannya endorsement ya untuk mendukung bisnis UMKM agar berkembang maju. Selly menyebutkan konsep AIDA dalam endorsement fashion. Buat lah konsep yang menarik mata, membuat customer tertarik. Buat caption yang membuat calon customer tertarik.

Acara hari itu ditutup dengan buka puasa bersama dengan suguhan Live Music ditengah-tengah arena Halal Park.



Suasana Halal Park di malam hari teras syahdu dengan lampu-lampu dan suasana temaramnya. Ada beberapa stand kuliner juga disini. Selama bulan puasa buka hanya di sore hari hingga malam. Beberapa outlet busana muslim juga tampak hadir.





Kalau bawa anak-anak, ada area bermainnya juga semacam playground gitu. Pasti seneng deh anak-anak diajak ke sini.





Sebagai area halal, tentu disediakan Mushola dong untuk sholat. Laki-laki dan perempuan di area terpisah. dengan kapasitas ruangan cukup besar, ya muat lah untuk 30-50an orang.

Pengen belanja pakaian-pakaian muslim dan syar'i? Ada juga dong disini selain kuliner halalnya


Di area halal park ini juga ada coworking space, dan gratis gaesss, disediakan teh dan kopi gratis pulak. Beneran gratis, ga dipungut biaya. Maklum, semua kan difasilitasi BUMN. Listriknya dari PLN, wifi dari Indihomenya Telkom, asyik ga tuh? Selama bulan puasa ini kita bisa manfaatkan coworking space ini mulai jam 14.00-20.00 Wib. Kalau di luar bulan puasa ya ngikut jam kantor, 08.00 - 17.00.

Nah, gimana...gimana? Seru kan? Yuk main-main ke sana, ada spot kece juga buat instagram foto. Ada tempat ngopinya juga. Asyik kan?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa