Agoda

Monday, May 20, 2019

Membuat Fudge Brownies Dengan Cosmoven CO-9926 RCG

Saya memang penggemar brownies, terutama jenis fudge brownies yang moist dan nyoklat banget. Sayangnya, belum nemu penjual fudge brownies yang sesuai selera saya. So, mau ga mau kudu bikin sendiri. Biar beneran pas rasanya.

Fudge brownies versi saya ini memang terasa nyoklat banget karena menggunakan dark cooking chocolate (dcc) yang banyak. 1 loyang persegi ukuran 20x20 membutuhkan 250gr dcc, alias 1/4 kg.

Kalau dulu-dulu saya pernah membuatnya menggunakan rice cooker, oven tangkring, atau oven gas jadul mama saya. Kini, saya menggunakan oven listrik.

Sudah sejak lama saya memang punya keinginan punya oven listrik. Tapi keinginan ini cuma jadi maju mundur cantik aja. Ga terlaksana. Padahal suami sudah berkali-kali mengajak saya membeli oven listrik. Tapi saya selalu ga mau, karena mikirin biaya listriknya yang bakal bengkak. Rata-rata oven listrik punya daya yang besar, dan itu pasti memberatkan kalau saya gunakan. 

Belakangan saya dengar selentingan kalau sebenarnya ada oven yang dayanya kecil, cuma sekitar 400 Watt saja. Ahay, ini beneran ada oven listrik yang dayanya kecil gitu? Apa iya bisa memanggang dengan baik?


Cosmoven CO-9926 RCG
Cosmoven CO-9926 RCG

Okeh, karena sudah memasuki bulan puasa dan mau mendekati lebaran, saya pun coba hunting-hunting deh. Lumayan kan buat bikin-bikin kue dan Ternyata memang ada oven listrik yang dayanya kecil, cuma 400 watt, Cosmoven CO-9926 RCG.  


Cosmoven CO-9926 RCG


Oven Cosmos, Cosmoven CO-9926 RCG ini kapasitasnya cukup besar, setara 26 liter. Tak hanya bisa untuk memanggang kue, oven listrik Cosmos ini juga bisa untuk memanggang ikan, ayam, dan berbagai jenis panggangan lainnya.

Khusus untuk memanggang ikan, disediakan rak kawat khusus untuk memasukkan dan menjepit ikan.


Penjepit ikan
Penjepit ikan

Mau manggang ayam utuh atau membuat ayam panggang rotisseries yang berputar-putar gitu juga disediakan alatnya.



Tusukan ayam panggang
Tusukan ayam panggang


Agar bagian pemanas dan bagian bawah oven tidak cepat kotor dan rusak karena terkena tetesan panggangan, disediakan nampan khusus sebagai penampungnya.


Penampung remahan (crumb tray)


Takut Oven?


Saat tahu soal oven ini, suami yang excited, dia langsung mengusulkan untuk memasak ini dan itu. Mulai macaroni panggang, schootel, roti, sampai baked potato.

Tapi, entah kenapa, saya kayak kena syndrom takut oven... wkwkwkwk. Please jangan diketawain. Berhari-hari oven yang ada di box hanya saya pandangi saja, tak berani dibuka. Setelah punya keberanian unboxing, oven hanya saya keluarkan dari box dan pindah ke meja dan kembali saya diamkan berhari-hari, hahahah.

Suami bolak balik tanya "bund, itu ovennya kog ga dipakai?", saya cuma nyengir. Di dalam otak sih banyak yang mau saya eksekusi. Tapi rasa takut menghadapi oven listrik kog terus saja menguasai. 

Sampai akhirnya saya pun berusaha menguasai rasa takut, dan memulai membuat dari sesuatu yang mudah, anti gagal, dan sudah saya kuasai.


Membuat Fudge Brownies


Membuat fudge brownies ga perlu effort besar, saya ga perlu ngeluarin mixer. Pokoknya fudge brownies ala saya memang khusus untuk pemalas *nyengir. Resepnya fudge brownies sudah ada di blog advencious ya, tinggal klik tulisan fudge brownies di atas.



Persiapan membuat Fudge Brownies
Persiapan membuat Fudge Brownies

"Aku tuh mau nyoba dari kemaren-kemaren takut ngidupinnya"
"Ya ampun, kan tinggal diidupin aja sih", sahut suami

Tapi entahlah, ngomong gitu aja sukses bikin keringat dingin mengucur. 

Memahami kegelisahan saya, suami pun berusaha menemani saya, menghidupkan oven, mengajarkan saya cara mengatur suhu dan waktunya.


Mulai berani memanggang
Mulai berani memanggang

Setelah diajarkan suami, saya pun mulai punya keberanian berhadapan sama oven listrik ini. Cuma sayangnya, saya salah setting waktu dan posisi apinya. Harusnya oven disetting dengan suhu 150 derajat celsius, posisi api atas bawah, dan waktu 30-35 menit. 

Berhubung belum menguasai oven, saya cuma setting api bawah aja. Sampai 30 menit berlalu kog ya adonannya ga kering-kering, masih aja basah. 


Settingan oven listrik Cosmoven CO-9926 CRG
Settingan oven listrik Cosmoven CO-9926 CRG

Belakangan baru sadar kalo harusnya setting apinya atas bawah, wkwkwk. So teman-teman, kalau manggang kue jangan lupa ya, apinya atas bawah. Kecuali ada instruksi khusus hanya api bawah aja atau api atas saja.

Ya, begitu lah pengalaman pertama merawanin oven listrik. Bener-bener baru kali ini nyobain yang namanya oven listrik. Berusaha melawan rasa takut terhadap produk elektronik, takut ngerusakin 😆.

Setelah berhasil melawan rasa takut, manggang kuenya sukses, sekarang saya puas dengan hasilnya. Manggang kue ga perlu lagi repot-repot ngintip bolak balik. Dengan adanya timer, waktunya lebih tepat dan saya bisa santai mengerjakan hal lain.


Fudge Brownies setelah dipanggang dengan Cosmoven CO-9926 CRG
Fudge Brownies setelah dipanggang dengan Cosmoven CO-9926 CRG

Oven Cosmos


Oh ya, oven Cosmos ini juga ada versi yang lebih besarnya, kapasitas 35-66 liter, VRL Series. Cocok digunakan pengusaha kuliner atau bakul kue rumahan. Listriknya juga tetep irit, cuma 600 watt. Dijamin ga bikin tagihan menjerit atau bengkak. Kelebihan VRL series ini ada interior light yang mememudahkan untuk mengintip panggangan. 


Keterangan lebih lanjut tentang oven terbaik atau produk lain Cosmos bisa didapat langsung di webnya www.cosmos.id

Selain bisa didapat di toko-toko elektronik, Oven Cosmos juga bisa didapat di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, langsung official store Cosmos ya.

Oh ya, Cosmos juga buka stand di PRJ, ada banyak promo diskon, coba deh datang ke sana. Lumayan kan dapat produk bagus dengan harga diskon? *Otak emak-emak.

Ok teman-teman, selamat mencoba, semoga sukses bakingnya ya. Next saya pengen bikin kaastengel tanpa telur buat lebaran. Mungkin akan lebih rajin juga bikin roti tanpa telur seperti dulu. Do'akan ga malas dan sempat berbagi resep yaaa. Wkwkwkwk

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke m4y4mf@yahoo.com yaa