Wisata & Transportasi

Guys, kalo jalan-jalan, suka bete ga sih mau jalan ke suatu lokasi wisata, tapi susah transportasinya. Maksud hati pengen berkunjung, tapi apa daya, mikir juga kalo transportnya susah. 



Setiap mau jalan ke suatu tempat wisata, yang pertama kali dipikirkan biasanya akses transportasinya, ya ga sih? Sebelum menyusun itinerary, pasti browsing dan cek-cek dulu kemudahan akses transportasinya, ya ga? Kalau mudah, biasanya tujuan itu langsung dituju, tapi kalo sulit, mungkin jadi prioritas terakhir untuk dikunjungi.

Nah, hal ini memang jadi peer banget buat kementrian perhubungan. Menyiapkan kemudahan akses transportasi. 

5 Destinasi Wisata Super Prioritas


Presiden Joko Widodo ingin percepatan pembangunan 5 Destinasi wisata super prioritas, yang disebut juga sebagai Bali Baru. Fokus pada 5 Destinasi wisata Bali Baru ini dibutuhkan agar minimal 5 Destinasi wisata ini sudah benar-benar siap menjadi tujuan wisata yang bisa selengkap dan secantik Bali. 


So, para turis ga cuma mikir pengen ke Bali aja tapi juga pengen ke Borobudur, ke Labuan Bajo, Ke Likupang (Manado), ke Toba, dan ke Mandalika. 

Fokus kementrian perhubungan pada kemudahan akses transportasi 5 Destinasi super prioritas ini sedang berjalan. 

Borobudur


Salah satu bentuk akses transportasi ke destinasi super prioritas ini adalah dengan menyediakan bis langsung dari Bandara ke Candi Borobudur.  


Add caption


Wah ini kemajuan banget. Selama ini memang susah banget kalo mo ke Borobudur. Pasti memudahkan banget buat yang menuju Jogja menggunakan pesawat.

Borobudur merupakan salah satu dari keajaiban dunia yang ada di Indonesia, cantiknya candi ini dan lingkungan di sekelilingnya, sayang sekali bila dilewatkan. So, sayang rasanya jika para turis jadi batal mengunjungi Borobudur hanya karena akses transportasinya yang sulit. Semoga dengan dibukanya akses transportasi yang lebih banyak, semakin banyak turis asing yang datang langsung ke Jogja, menuju Borobudur, lanjut keliling Jogja dan sekitarnya, right?


3 influencer yang mencoba akses ke Borobudur

Labuan Bajo, Mandalika, Likupang


Di Labuan Bajo juga sekarang sedang disiapkan kapal langsung bisa akses ke pulau Komodo, so para turis dari Bandara bisa langsung menuju ke pulau Komodo.

Demikian juga untuk destinasi Mandalika dan Likupang sedang disiapkan beberapa kapal-kapal untuk mengangkut penumpang mengelilingi lautan cantik di sekitar Mandalika dan Likupang

Toba


Begitu pula di Danau Toba, saat ini sedang disiapkan akses kapal Fery yang akan rutin mengangkut penumpang mengelilingi danau Toba, maupun yang menyebrang menuju pulau Samosir yang ada di tengah danau Toba. Kalau belajar tentang sejarahnya Danau Toba, pasti akan terkagum-kagum dengan proses terbentuknya, terkagum-kagum dengan kebesaran Allah yang mampu menjadikan danau vulkanik sebesar danau Toba dan membentuk pulau di tengah danau sebesar Pulau Samosir.

Transmate


Pada 6 Desember 2019 lalu, bertempat di sudentese Jakarta, beberapa blogger dan influencer diundang hadir ke acara Transmate bersama Kemenhub. Para blogger dan influencer yang hadir mendapat pin Transmate yang artinya mereka menjadi sahabat transportasi Kemenhub. Para influencer dan blogger menjadi mitra Kemenhub, berbagi info tentang perkembangan terkini yang sudah dilakukan Kemenhub, merasakan akses transportasi yang disediakan Kemenhub.

Saya sendiri adalah penggemar fanatik commuter line. Hahaha. Beberapa teman bahkan sengaja saya racuni buat naik transportasi yang satu ini. Tadinya mereka takut naik kereta. Sekarang, mereka justru ketagihan, karena sudah merasakan cepatnya public transportation satu ini. 

Baru-baru ini saya sedang mencoba untuk jatuh cinta pada Trans Jakarta. Selama ini agak skeptis, soalnya kalo kena jalur yang nyampur dengan kendaraan lain, pasti deh jadi macet. Tapi kalo ketemu jalur TJ yang lancar, pasti enak banget, jalannya cepet, ga beda jauh sama kereta. So, setelah commuter line, saya akan gunakan TJ. Kalo ke Bandara pun saya lebih suka menggunakan DAMRI yang disediakan Kemenhub. 

Ayo, siapa lagi yang mau saya racunin naik transportasi publik?

Mudah-mudahan Kemenhub terus berinovasi memudahkan akses transportasi di berbagai daerah, terutama daerah-daerah wisata. Daerah wisata lain gimana? Sabar, semua akan ada aksesnya, prioritas utama akses transportasi memang 5 Destinasi ini dulu ya. Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Toba, & Likupang (Manado).

7 comments

  1. Enak kalau sudah ada transportasi resmi dari Kemenhub gini ya, Mba... terutama untuk standar harganya itu lho. Paling males kalo cari2 transport sendiri harus ngerti harga supaya ngga kena scam (dimahalin/ditipu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mba, kalo dari Kemenhub kan udah jelas harganya ya, jadi menjamin keamanan kita juga

      Delete
  2. Mantap, wisata emang hrs didukung infrastruktur yg mumpuni

    ReplyDelete
  3. Transportasi publik inilah yang membuat polusi udara berkurang apalagi pemerintah meningkatkam terus pelayanan yang berhubungan akomodasi masal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes setuju mpoo. Ayo rame-rame naik transportasi masal

      Delete
  4. Seneng nya yang traveling bareng teman2 yak, Seruu .. apalagi backpakeran. Eh, kl commuterline an aku juga Sukaaa ..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke siswadi.maya@gmail.com yaa