Roti Sobek Tanpa Telur

 Bikin roti yang simple aja.


Ini sebenarnya asal cemplang cemplung berdasar bahan yang ada. 


Btw, sejak dulu saya biasa bikin roti tanpa telur. Biasanya cairan & margarin saya tambah. Tapi jangan kebanyakan juga nambah cairan. Better banyakin margarin kalau saya, bikin roti lebih lembut


Oh ya, ini juga lagi males ngeluarin mixer, jadi ya ulen pake tangan aja, gampang kog, ga ribet, ga mengeluarkan tenaga yang gimana-gimana.


Roti Sobek Tanpa Telur ala advencious

#rotisobekadvencious


Bahan

Terigu protein tinggi (Cakra) 300gr (setara semangkuk terigu)

Ragi instan 1sdm

4-5 SDM gula pasir

1-2 SDM susu bubuk (bisa ganti susu cair, tinggal kurangi jumlah air)

100 ml air 


1 sdt garam

5-6 SDM margarin


Cara

1. Campur terigu, ragi instan, gula, susu bubuk


2. Tuang air pelan-pelan sambil diaduk hingga Kalis. Jika jumlah cairan kurang, bisa ditambah sesendok-sesendok biar ga kebanyakan. Lebih baik kurang daripada lebih. Kalau lebih malah jadi benyek dan susah Kalis


3. Setelah Kalis, tambahkan garam dan margarin, aduk lagi sampai Kalis. Margarin bisa ditambahkan jika ingin lebih lembut dan lentur


4. Bulatkan adonan, tutup dengan kain atau plastik, biarkan mengembang sekitar 15-30 menit.


5. Setelah adonan mengembang 2x lipat, kempis atau tinju adonan untuk mengeluarkan udara. 


6. Ambil adonan sekitar 5-10gr, tekan-tekan, lalu bulatkan. Bisa diisi keju, coklat, dsb, bisa juga kosongan. Tata di loyang yang sudah dioles margarin


7. Biarkan adonan mengembang 2x, tutup seperti tadi. 


8. Hidupkan oven, 170 derajat celsius sekitar 5 menit sebelum adonan siap dipanggang


9. Setelah adonan siap panggang, masukkan loyang, panggang sekitar 15 menit


10. Keluarkan adonan dari oven, oles bagian atas dengan margarin


Taraaa.. sudah jadi #RotiSobekAdvencious



Selamat Mencoba

1 comment

  1. Wah gampang ya Mbak kayaknya. Aku belum pernah coba bikin sih soalnya. Hahaha. Belum punya oven juga.
    Btw TFS, Mbak. Besok-besok kalau udah punya oven kayaknya wajib coba nih :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan komentar agar mudah silaturahmi. Komentar merupakan apresiasi bagi saya.

Jangan tinggalkan link hidup, terima kasih :).

Tertarik kerjasama dengan Advencious?
Kirim email ke siswadi.maya@gmail.com yaa