Resep Nagasari Gabruk

Nagasari Gabruk

Punya sisa pisang kepok nganggur. Udah dibikin pisang rebus, udah dibikin pisang goreng, dan masih sisa juga. 

Bingung mau dibikin apalagi, mau dibikin kolak kurang mood, anak-anak ga begitu doyan, akhirnya kepikiran mau dijadiin Nagasari.

Tapi lagi ga punya stok daun pisang, males juga bungkus-bungkus, akhirnya kepikiran ditaruh di loyang aja lah yg gampang🤣. Ini emang pemikiran anti ribet-ribet club' 😂

Akhirnya dieksekusi. Kebetulan pisangnya memang sudah saya potong kecil-kecil sebelumnya dan disimpan dalam wadah bertutup di kulkas. Awalnya potongan-potongan pisang itu mau dibuat ghodho, tapi pisang goreng sebelumnya aja ga habis-habis, makanya malas bikin lagi.

Pas keingetan mau bikin Nagasari, eksekusinya nyicil. Kukus pisangnya dulu, kebetulan sekalian masak nasi di rice cooker, biar ga rugi gas, rugi listrik 🤣. Pisangnya ditaruh di wadah tahan panas, tunpangin deh di sarangan kukusan nasi, biar sekalian masak. Nasi matang, pisang matang.

Pisang udah matang, didinginkan, masuk kulkas lagi karena belum sempet eksekusi.

Pas udah siap eksekusi jadinya cepet.




Ok, saya share resepnya ya


Nagasari Gabruk


Bahan 

250gr tepung beras

1ltr santan sedang

100gr gula pasir

1/2 sdt garam

2 lbr daun pandan, ikat

5-8 buah pisang kepok/Uli atau 1-2 buah pisang tanduk


Cara membuat

1. Kukus pisang sampai matang, potong kecil-kecil, sisihkan

2. Aduk sebagian santan dan tepung beras, sisihkan

3. Campur sisa santan, gula, garam, daun pandan, masak hingga panas

4. Tuangkan adonan tepung beras + santan ke dalam adonan santan yg dimasak. Aduk-aduk sampai mendidih, jangan sampai menggumpal

5. Siapkan loyang tahan panas yang sudah dioles minyak. 

6. Siapkan dan panaskan air kukusan

7. Tuangkan sebagian adonan ke dasar loyang, tata, rapihkan

8. Tata pisang kukus yang sudah dipotong kecil di atas adonan , kemudian tutup lagi dengan adonan di atasnya

9. Kukus adonan selama 30 menit

10. Biarkan dingin, hiasi atasnya dengan potongan pandan (optional)




Jadi juga nih Nagasari ala-alaApa ya nama enaknya? Nagasari in the bowl? Nagasari in the plate? Nagasari in the tray?


19 comments

Berryl Cholif Arrohman Nurriduwan said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Dolan digital said...

Waktu kecil doyan banget makanan ini, sekarang jarang ke pasar sih jd jarang dapetin nagasari, bikin dewe e istri g gelem bikinin sedih hihihi

Bunga Rosvita said...

Mbaaa, pas bener aku mau bikin nagasari di loyang juga hahaha. Kemarin udah trial resep sih. Mirip-mirip juga ternyata. Duh makin nggak sabar bikin karena ngeliat nagasarinya mba May hahaha. Sungguh menggoda!

Utami Isharyani said...

aku suka banget sama nagasariiiii...
sekarang susah nyarinya dan khawatir kebersihannya juga.
jadi yang dicek bukan sekedar rasanya yang enak tapi kebersihannya
plus vaksin typhiod...
Ikhtiar... :)

Nathalia DP said...

Saya banget, paling malas bikin makanan yang dibungkus daun kaya pepes atau nagasari gini... Tapi bisa juga ya masukin wadah aja kaya gini, praktis banget, hohoho... Cobain ah, makasih resepnya...

nita lana faera said...

Wah enaknya ini. Kalau di sini namanya lapek nagasari, cuma memang pakai daun. Ini gak pakai daun jadi lebih simple ya, mba. Karena saya pun gak bisa bungkus daun gini :D

Ade UFi said...

Berarti kalau mau pakai daun pisang tinggal dibungkus pakai daun pisang lalau dikukus. Kayaknya lebih sedap kalau dibungkus daun pisang ya, Mba. Mau coba ah di rumah. Tinggal beli pisangnya aja.

Maria G Soemitro said...

wah pisang kepok

saya mah sengaja beli untuk digoreng trus dipenyekin

taburi gula atau muisjes atau keju

sedaaappppp :D

Lia Djoen said...

Semacam wadai amparan tatak ya kalau diamprokin di loyang gini? Enak, lebih praktis ngga ribet bungkus² ahahah

Dewi Rieka said...

Iya kalau pakai daun pisang susah carinya ya ternyata bisa bikin kayak gini kayaknya lebih mudah dan praktis hihi paa banget ada bahannya di rumah pengen coba bikin ah makasih banyak yaa

Dewi Rieka said...

Iya kalau pakai daun pisang susah carinya ya ternyata bisa bikin kayak gini kayaknya lebih mudah dan praktis hihi paa banget ada bahannya di rumah pengen coba bikin ah makasih banyak yaa resepnya aku save..

Gulanyagulali said...

Mba may sumpah loh kepikiran aja dibuat begini, jajanan jadul macem nagasari ini aku sukaaa banget tapi paling males lipet2 daun, walaupun emang bikin wangi. Caranya bisa ku tiru nih hihibi

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com said...

Aku suka nogosari , kalau di Jogja pakai o bacanya, jadi pengen cobain resepnya..

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com said...

Hawes embuh pokoke nagasari hahahaha
Enak nih praktis gak perlu dibungkus2, nyari daun buat mbungkus kalau gak pesen ke ibu belanja yo rodo susah :D
Aku msh suka makan nagasari tiap pagi, tapi beliiii wkwk
Btw makasih resepnya kali aja kapan2 ada hidayah bikin dewe :D

Uniek Kaswarganti said...

Meskipun ga pake daun pisang, tetap enak ini kayaknya ya mba... Cita rasa nagasari yang tersaji dalam semangkuk cinta, halaaahh.... :))

Boleh juga nih dicontek resepnya. Di rumahku sih daun pisang melimpah ruah, tapi ya males loh bungkus-bungkus gitu hihihii...

Dian Radiata said...

Naaah cocok banget ini nagasari tanpa daun pisang. Maklum, kadang agak susah buat nyari daun pisangnya. Lagian, enakan gini sih, gak rempong harus kupas-kupas daunnya kalo mau makan..

Tukang Jalan Jajan said...

Melihat bentukannya aja udah bikin ngiler. kue tradisional selalu sukses bikin liur menetes. Pengen cobain buat

Tuty Queen said...

Kue kesukaan aku nih mba, dulu waktu SMA mbah tempat aku tinggal setiap hari Minggu karena kumpul keluarga bikin nagasari. Ini kalau nggak dibungkus daun serasa makan bubur sum sum ya hihi

Katerina said...

Hahaha mau kasih nama nagasari nya bingung ya mbak. Namain aja nagasari ricecooker :))
Aku suka makanan satu ini, kalau jajan di pasar biasanya beli.